Ini Kriteria yang Dilarang Untuk Menjadi Calon Kades

Fifi Luthas Bahagia

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Pemilihan Kades secara serentak di Kabupaten OKU Timur rencananya akan dilaksanakan pada bulan April mendatang yang akan diikuti oleh 28 dari 300 desa yang ada. Sedangkan untuk verifikasi pencalonan akan mulai dilaksanakan pada awal bulan maret.

Kepala Bagian Tata Pemerintahakan (Tapem) Kabupaten OKU Timur Fifi Luthas Bahagia dikonfirmasi Minggu (5/3/2017) mengatakan, ada sejumlah persyaratan yang mesti dilengkapi oleh calon kepala desa. Salah satunya tidak pernah dipidana, pendidikan terakhir tingkat SLTP, dan tidak pernah menjabat kepala desa selama tiga kali.

“Untuk syarat tidak pernah dipidana maksunya calon kades tidak pernah dipidana, atau bagi yang pernah dipidana, diperbolehkan menjadi calon Kades apabila yang bersangkutan sudah bebas selama lima tahun dengan dibuktikan surat pernyataan dan kejahatan yang dilakukan yang bersangkutan bukan kejahatan berulang (residivis,red),” katanya.

Sedangkan syarat lain untuk mencalonkan diri sebagai Kades kata Fifi adalah mencantumkan surat pernyataan bahwa yang bersangkutan belum pernah menjadi Kades selama tiga kali dengan membuat surat pernyataan yang diketahui oleh camat, kades yang nantinya surat belum pernah menjabat selama tiga kali tersebut akan dikeluarkan oleh pemerintah OKU Timur.

“Sementara untuk pendidikan, yang bersangkutan juga harus sudah berusia 25 tahun dan memiliki ijazah serendah-rendahnya tingkat SLTP pada saat pencalonan,” katanya.

Biasanya kata Fifi, para calon Kades akan melampirkan pendidikan terakhir yang pernah ditempuh dengan mneyantumkan lokasi sekolah, namun terkadang ketika di verifikasi ke sekolah yang bersangkutan tidak terdaftar dan jika demikian maka yang bersangkutan akan dinyatakan gugur dalam pencalonan.