Rumah Toke Manisan Dirampok Enam Pelaku Bersenpi, Uang Puluhan Juta dan Perhiasan Digondol

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA –¬†Enam perampok lengkap dengan senjata api kembali beraksi di wilayah hukum Polres OKU Timur. Kejadian perampokan tersebut kali ini menimpa korban H Rusman (55), yang merupakan salah seorang toke manisan warga Desa Tebat Jaya, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur.

Berdasarkan hasil laporan pihak kepolisian, peristiwa perampokan yang dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal berjumlah enam orang serta dilengkapi dengan senjata api tersebut terjadi pada Minggu (12/3/2017), sekitar pukul 02.45 Wib dini hari. Dalam menjalankan aksinya, keenam pelaku nekat masuk ke kediaman korban yang disaat itu tengah tertidur dengan cara mendobrak pintu rumah.

Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kabag Ops Kompol Nurhadiansyah didampingi Kasubbag Humas AKP Hardan ketika dikonfirmasi Senin (13/3/2017) membenarkan atas adanya kejadian perampokan tersebut. Menurutnya, aksi perampokan itu dilakukan oleh enam pelaku yang diantaranya memiliki senjata api masuk kerumah korban dengan cara mendobrak pintu menggunakan kayu balok berukuran cukup besar.

Setelah pintu terbuka, para pelaku langsung masuk menuju ruang utama di rumah korban yang berlantaikan dua tingkat tersebut. Korban yang mengetahui rumahnya didatangi sekelompok perampok, langsung berusaha melarikan diri ke lantai atas sekaligus meminta pertolongan.

“Agar korban tidak melarikan diri, saat kejadian salah satu pelaku sempat meletuskan senjata api yang dibawanya kearah luar diteras lantai II. Selain itu, pelaku juga mengikat korban dengan tali rapiah,” katanya.

Lanjut Hardan, pelaku lainnya juga sempat menodong istri korban yang pada saat kejadian berada dilantai dasar untuk menunjukan dimana letak penyimpanan uang, perhiasan maupun benda berharga lainnya.

“Mungkin merasa takut, akhirnya istri korban pasrah menunjukkan dimana lokasi penyimpanan uang dan barang berharga miliknya. Adanya kejadian itu, diperkirakan korban alami kerugian sebesar Rp. 68 juta, mengingat para pelaku berhasil menggondol uang cash sebesar Rp. 31 juta dan perhiasan emas sebanyak 12 suku,” lanjutnya.

Mengetahui adanya kejadian perampokan ini, pihaknya beserta anggota langsung melakukan pemeriksaan terhadap korban, olah TKP dan mengamankan sejumlah barang bukti yang berhasil ditemukan di lokasi kejadian.

“Saat ini kami tengah melakukan introgasi terhadap satu orang yang kami curigai, orang itu berinisial KM yang saat ini masih statusnya sebagai saksi,” imbuhnya.