Tekan Angka Kriminalitas, Seluruh Polsek di OKUT Rutin Gelar Zona Operasi Gabungan

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dalam upaya meningkatkan kualitas keamanan lingkungan serta sebagai langkah untuk menekan angka kriminalitas yang kerap terjadi di Bumi Sebiduk Sehaluan, kini pihak Polres OKUT telah membagi seluruh jajaran Polsek yang ada di Kabupaten OKU Timur kedalam tiga zona wilayah untuk menjalankan operasi gabungan setiap harinya.

Dalam hal ini, pembentukan zona operasi untuk seluruh Polsek dibagi menjadi tiga zona, yang terdiri dari zona I, II, dan III. Adapun kelompok zona I terdiri dari Polsek Martapura, BP Peliung, dan Polsek Buay madang. Untuk Zona II, diisi Polsek Belitang I, Belitang II, Belitang III dan Polsek Buay Madang Timur. Sedangkan zona III terdiri dari Polsek Madang Suku I, Madang Suku II, Semendawai Suku (SS) III dan Polsek Cempaka.

Seluruh jajaran anggota Polsek yang telah terbagi menjadi tiga zona, nantinya akan terus berkoordinasi satu sama lain untuk melakukan patroli gabungan rutin, khususnya pada malam hari.

“Seluruh Polsek yang sudah dikelompokkan dalam tiga zona itu, akan terus melakukan operasi secara rutin disetiap malam hari. Untuk wilayah operasinya sendiri, tergantung dari tingkat kerawanan Kantibmasnya,” terang Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kabag Ops Kompol Nurhadiansyah, ketika dikonfirmasi Selasa (14/3/2017).

Berdasarkan catatan pihak kepolisian dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, lanjut Kabag Ops, angka kriminalitas yang terjadi di Kabupaten OKU Timur mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan demikian, terbentuknya zona operasi gabungan ini, diharapkan bisa lebih meningkatkan penjagaan serta pengamanan disetiap wilayah Kecamatan/Desa, sekaligus dapat kembalikan situasi keamanan lingkungan yang aman dan nyaman.

“Zona operasi gabungan ini merupakan kegiatan operasi rutin dan juga untuk menyesuaikan instruksi langsung dari Kapolda Sumsel,” imbuhnya.