Bupati OKUT Pimpin Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke-67

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (HUT Satpol PP) yang ke-67, Satuan Linmas ke-55 dan Pemadam Kebakaran ke-98 tahun 2017, pemerintah Kabupaten OKU Timur menggelar upacara dihalaman pusat pemerintahan Kabupaten OKUT, Rabu (22/3/2017).

Upacara peringatan HUT Satpol PP, Sat Linmas, dan Pemadam Kebakaran yang mengusung tema ‘Peningkatan peran satuan polisi pamong praja dan satuan perlindungan masyarakat dalam menjaga kemajemukan masyarakat didaerah’ ini dipimpin langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD dan turut dihadiri tamu undangan Kapolres OKU, Dandim OKU, Danyon Armed 15/105, Ketua DPRD OKUT, Kasat Pol PP Kabupaten Lahat, serta seluruh jajaran SKPD Pemkab OKU Timur.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan
Satuan Polis Pamong Praja (Satpol PP) merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan. Hal tersebut bertambah kuat dengan pemanfaatan anggota satuan perlindungan masyarakat dan anggota pemadam kebakaran dibawah pembinaan teknis Satpol PP dengan berbagai pelibatan kegiatan seperti deteksi dini, pengamanan, pertahanan, bencana dan lain sebagainya.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada segenap komponen untuk bersama menjalin kerjasama yang massif dan kondusif agar ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dapat teratasi serta merubah pradigma dan meninggalkan pola pikir dari dilayani menjadi melayani,” katanya dihadapan seluruh peserta upacara.

Pemerintah daerah, lanjut Bupati, memberikan keleluasaan kepada daerah untuk membentuk perda. Dengan adanya hal ini maka sudah seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, agar nantinya bisa menghasilkan perda yang inovatif, kreatif, dan implementatif namun tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan dan tidak bertentangan dengan prinsip negara kesatuan Republik Indonesia.

“Hal yang harus diingat, bahwa semangat menetapkan perds juga harus diimbangi dengan semangat penegaknya. Satpol PP sebagai instansi penegak perda wajib meningkatkan kualitas baik sarana, prasarana, sumber daya manusia maupun anggarannya,” lanjutnya.

Tak lupa pihaknya berpesan, semakin matangnya Sauan Polisi Pamong Praja yang didukung oleh kekuatan satuan perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran haruslah dimanfaatkan secara optimal. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu komponen yang sehari-hari besinggungan langsung dengan masyarakat.