Sembilan Anggota KOSTI OKUT Akan Hadiri Kongres di Makassar

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA –┬áKomunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), pada 1 hingga 4 April mendatang akan menggelar kongres KOSTI di Makassar, Sulawesi Selatan yang diikuti seluruh peserta dari koordinator KOSTI se-Indonesia termasuk KOSTI Kabupaten OKU Timur. Demikian diungkapkan Sekretaris Dewan Penasehat KOSTI OKU Timur H Leo Budi Rachmadi, SE, ketika dikonfirmasi Jumat (24/3/2017).

Rencananya, kata Leo, KOSTI OKU Timur nantinya akan mengirimkan sembilan anggotanya sebagai perwakilan pengurus untuk mengikuti kegiatan kongres tersebut. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk dukungan dan partisipasi onthelis OKU Timur dalam proses penataan organisasi, rekomendasi, program kerja serta memilih sosok pemimpin KOSTI Pusat untuk periode kepemimpinan dua tahun kedepan.

“Rencana kesembilan anggota perwakilan KOSTI OKU Timur akan langsung berangkat menuju Makassar, Sulawesi Selatan pada 30 Maret mendatang,” katanya.

Menurut Leo, kemajuan zaman dengan tekhnologi yang semakin canggih membuat sepeda semakin dilupakan sehingga kesan pengguna sepeda saat ini lebih kepada sesuatu yang aneh dan kuno. Namun Korwil KOSTI OKU Timur akan terus berupaya untuk memasyarakatkan kembali penggunaan sepeda dikalangan masyarakat baik anak sekolah maupun orang dewasa.

“Bersepeda sehari-hari pastinya banyak manfaatnya, salah satu manfaatnya yakni tubuh bisa lebih sehat. Selain itu, bagi mereka yang begitu sibuk akan pekerjaannya dan tak miliki waktu untuk berolahraga, sepeda bisa dijadikan alternatif untuk lakukan olahraga,” tuturnya.

Menurut Leo, jika dalam kurun waktu 1995 ke bawah sepeda menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan untuk membawa hasil bumi dari perkebunan dan menjadi kendaraan bagi anak-anak sekolah berbeda dengan saat ini. Anak-anak sekolah lebih memilih menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan sepeda sehingga membuat sepeda semakin dilupakan.