MUSYAWARAH Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten OKU Timur tahun 2017 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 Rabu (29/3/2017) di Ruang Bina Praja I dihadiri langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumsel DR Ekowati Retnoningsih.

Musrenbang yang dihadiri sekitar 200 peserta yang terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) tersebut dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD yang diwakili oleh wakil Bupati Fery Antoni SE.

HM Kholid MD

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda OKU Timur Ridwan Abubakar mengatakan, Musrenbang digelar dalam rangka membahas dan mensinkronkan usulan mulai dari RPJMD, tata ruang wilayah, Kota dan provinsi, serta arah pembangunan nasional dan provinsi yang disinkronkan dalam skala prioritas.

“Ini juga dalam rangka mensinergikan usulan kegiatan dari masyarakat yang belum termasuk dalam RPJMD,” katanya.

Sedangkan Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni SE mengatakan, dengan pelaksanaan Musrenbang maka akan muncul sejumlah strategi dan program yang bisa mengarah pada kesejahteraan masyarakat. Pembangunan infrastruktur saat ini kata dia, masih menjadi prioritas mengingat infrastruktur merupakan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat.

Fery Antoni SE

“Upaya peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam beberapa tahun kedepan. Selain itu kepada seluruh kepala OPD agar dapat bersungguh-sungguh dalam mengentaskan kemiskinan dan pembangunan yang ada di OKU Timur sehingga bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kepala Bappeda Provinsi Sumsel DR Ekowati Retnoningsih dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh kepala OPD untuk lebih aktif menggunakan media mengingat saat ini semua program dan usulan hanya akan ditindaklanjuti jika tercantum dalam program yang bernama E-Cleaning.

Drs Idhamto Dipl Ing

“Jadi sering-sering buka dan input program yang ada. Jika sudah diprogramkan dan tidak termasuk dalam E-Cleaning, maka akan gagal demikian juga sebaliknya. Saya menghimbau kepada sleuruh kepala OPD untuk mempelajarinya dan menginput program-program maupun usulan sehingga nantinya bisa terealisasi,” katanya.

Pertumbuhan ekonomi di OKU Timur dalam beberapa tahun terakhir kata dia, masih dibawah Provinsi Sumsel yang menunjukkan perkembangan OKU Timur cukup baik dan pertumbuhan ekonomi sangat tinggi. (adv).

Ir Ridwan Abubakar
Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni saat memberikan sambutan dan harapan untuk kemajuan OKU Timur.
Sejumlah peserta yang mengikuti Musrenbang mulai dari FKPD hingga OPD dan Camat.
Kepala Bappeda Provinsi Sumsel saat memberikan paparan mengenai kondisi wilayah Provinsi Sumsel.