Empat Makanan Ini yang Lebih Pantas Disantap Kucing, Bukan Duri Ikan

PASTIKAN berat badan kucing kesayangan Anda normal. Tidak kurus, tidak juga terlampau gemuk. Sama seperti manusia, kucing gemuk memang tampak menggemaskan tapi tidak sehat.

Pemilik rumah sakit khusus kucing dari Campbell, AS, Philip J Shanker DVM, mengatakan, sedikit saja berat badan kucing mengalami kenaikan, risiko masalah kesehatan mulai mengintai hewan peliharaan kesayangan Anda itu.

Dua di antaranya adalah diabetes tipe 2 dan arthritis. Philip, menekankan, sudah sepatutnya Anda berupaya menjaga berat badan kucing Anda tetap normal, agar dia sehat dan selalu bahagia.

Pemberian makanan untuk kucing juga tidak boleh sembarangan. Bukan sisa tulang ikan yang tak dapat Anda habiskan, lalu diberikan ke kucing-kucing itu. Makanan untuk mereka tak berbeda jauh dari makanan manusia sehari-hari.

Makanan untuk kucing harus mengandung nutrisi yang lengkap, selayaknya Anda memberikan makanan untuk anak sendiri. Termasuk “camilan” untuk kucing.

Berat? Memang! Namun, bukankah sudah risiko bila kita pengin memelihara hewan peliharaan seperti kucing? Bagaimana juga, kucing adalah mahluk hidup yang butuh makanan untuk kesejahteraan hidup mereka.

Bahkan, Association of American Feed Control di AS, mengimbau agar Anda memberikan makanan berkualitas tinggi untuk kucing kesayangan. Jangan lupa didahulukan dengan konsultasi ke dokter hewan.

Berikut makanan yang tepat untuk kucing Anda, dikutip dari situs Web MD, Kamis (30/3/2017)

  1. Daging

Kucing adalah hewan peliharaan pemakan daging, karena kucing juga butuh asupan protein.

Gunanya untuk menyehatkan hati dan sistem reproduksi mereka.

Jangan sajikan daging mentah atau daging rusak ke kucing kesayangan Anda. Kucing dikhawatirkan akan sakit.

  1. Biji-bijian

Kucing disebut hewan peliharaan yang cenderung menyukai biji-bijian berukuran kecil, seperti millet dan couscous.

Akan tetapi pastikan setiap butir yang akan Anda berikan kepada kucing kesayangan berupa yang sudah dimasak, agar kucing dapat mencernanya. Tak ada biji-bijian, roti gandum yang telah dihancurkan dapat dijadikan gantinya.

  1. Ikan

Kandungan omega-3 berguna menyehatkan mata kucing. Juga mencegah kucing mengalami penyakit ginjal, arthritis, dan gangguan jantung.

Anda menyukai sushi, tapi tidak dengan kucing Anda. Ikan mentah bukan ide yang baik untuk kucing Anda.

  1. Sayur dan buah

Pada dasarnya kucing tidak punya kemampuan merasakan rasa manis yang berasal dari buah dan sayur. Hanya segelintir kucing yang benar-benar terbiasa menyantap sayur maupun buah.

Namun, tak salah apabila Anda mulai membiasakan hewan peliharaan satu ini menyantap sayur dan buah.

Sayur adalah sumber vitamin. Kaya serat dan air yang baik untuk sistem pencernaan seekor kucing. Philip menyarankan berikan kucing-kucing Anda blewah, mentimun, brokoli kukus, atau asparagus.