Bentuk Kepedulian Sosial, PT KAI Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis di Rail Clinic

KABAROKUTIMUR.COM, MARTAPURA – Sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat yang bermukim diseputar areal stasiun Martapura, Kabupaten OKU Timur, PT Kereta Api Indonesia (KAI) divisi regional IV Tanjung karang, Provinsi Bandar Lampung, Selasa (4/4/2017) menggelar kegiatan sosial berupa pelayanan kesehatan secara gratis.

Selain pelayanan kesehatan, dalam kegiatan tersebut PT KAI juga berikan penyuluhan tentang keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api yang dilakukan oleh Tim dokter dan Tim pengamanan PT KAI kepada masyarakat.

“Hari ini warga sekitar stasiun Martapura bisa menikmati layanan kesehatan gratis di Rail Clinic kami. Rail clinic ini adalah bentuk tanggung jawab sosial KAI terhadap masyarakat, terutama bagi masyarakat yang bermukim disepanjang bantaran jalur lintas KA,” terang Suryawan selaku Kepala PT KAI Divre IV Tanjung Karang ketika dibincangi, Selasa (4/4/2017).

Dengan adanya kegiatan sosial ini, lanjut Suryawan, pihaknya berharap kedepannya masyarakat dapat berpartisipasi menjaga aset PT KAI serta menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan KA.

“Rail Clinik ini merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit yang telah dimodifikasi untuk poliklinik berjalan. Dimana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan keseatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic yakni jenis pelayanan keseatan primer atau pelayanan kesehatan tingkat pertama,” lanjutnya.

Sementara Kepala Stasiun Martapura, Citra menambahkan, kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan ‘Rail Clinic’ ini baru satu kali diselenggarakan. Meskipun begitu, melihat antusias masyarakat yang datang pihaknya kedepan akan melakukan kegiatan sosial serupa secara rutin.

“Melihat respon dan antusias masyarakat begitu tinggi, kedepan kami rencanakan kemungkinan jadwalnya akan lebih rutin lagi sehingga masyarakat benar-benar merasakan pelayanan ini,” harapnya.

Pada kesempatan itu Bupati OKU Timur melalui Camat Martapura, H Faisal dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan sosial yang diadakan oleh PT KAI Divre IV itu. “Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat terutama yang tinggal di sekitar stasiun. Kami atas nama pemkab OKU Timur mengucapkan terima kasih atas kepedulian pelayanan kesehatan yang diadakan oleh PT KAI untuk masyarakat Martapura,” tandasnya.