Ikuti Wisata Trail Puslatpur, Bupati OKUT : Kedepan Kita Agendakan Kegiatan Serupa Bersama Kabupaten OKU dan OKUS

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Dalam mengikuti wisata Trail Puslatpur yang digelar di jalur Objek Militer Baturaja (OMIBA) dengan start awal dari markas Puslatpur, Martapura, hingga pos titik tinjau tamu simpang Batumarta Kabupaten OKU, Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Selasa (11/4/2017) mengungkapkan, kedepan pihaknya akan mengagendakan untuk menggelar kegiatan serupa bersama dengan dua Kabupaten lainnya, yakni OKU dan OKU Selatan.

Kegiatan Wisata trail Puslatpur tersebut diikuti langsung Bupati OKU Timur HM Kholid, Danpuslatpur, Wadanpuslatpur, Wadanlanud Gatot Subroto dan sejumlah perwira dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab OKU Timur dengan tantangan melewati medan jalur sepanjang kurang lebih 20 Kilometer (Km).

Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung meriah dan diikuti juga oleh sejumlah anggota TNI baik dari Puslatpur maupun dari Danyon Armen dan Polri. Kondisi medan yang cukup berat setelah diguyur hujan selama satu malam penuh tidak menyurutkan niat peserta untuk mencapai garis finish.

“Kegiatan ini baru satu Kabupaten yang mengikuti yakni OKU Timur. Rencananya kedepan melalui pak Danpuslatpur tiga kabupaten bisa diikutsertakan dalam kegiatan yang sama. Dan lebih dari itu agar bisa dikembangkan menjadi salah satu lokasi wisata mengingat lahan puslatpur ini sangat luas,” katanya.

Bahkan kata dia, kedepan wilayah puslatpur bisa dijadikan sebagai lokasi wisata seperti memamerkan perlengkapan pertempuran untuk masyarakat. Namun terlebih dahulu harus dikonfirmasikan kepada kesatuan apakah diperbolehkan atau tidak.

“Dengan dibentuknya lokasi wisata alutsista nantinya tentu akan lebih mempererat hubungan antara masyarakat dengan TNI dan Polri dengan adanya pameran alutsista tersebut,” katanya.

Sedangkan Danpuslatpur Kol Inf Dwidarmadi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bisa dikatakan sebagai kegiatan pemanasan karena jarak hanya 20 Km. Kedepan direncanakan akan dilaksanakan ngetrail gabungan dengan dua kabupaten lainnya yakni OKU dan OKU Selatan dengan kegiatan adventure serupa sehingga masyarakat mengetahui bahwa puslatpur merupakan salah satu lokasi latihan tempur terbesar di Indonesia.

“Sedangkan wacana pak Bupati mengenai dilaksanakan Pameran Alutsista. Kita akan lihat terlebih dahulu karena alutsista canggih yang ada baru Leopard dan untuk mengeluarkannya harus melalui persetujuan dari pusat terlebih dahulu,” katanya.