Terlibat Aksi Curat, Dua Remaja Ini Tak Berkutik Saat Dibekuk Anggota Buser

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Jajaran anggota satuan Buru Sergap (Buser) Polsek Belitang III, berhasil membekuk dua remaja berinisial EG (17) dan SB (17) yang diketahui sebagai warga Desa Karsa Jaya, Kecamatan Belitang Jaya, Kabupaten OKU Timur. Berkat informasi masyarakat, keduanya berhasil dibekuk anggota dikediamannya pada Sabtu (15/4/2017), karena diduga ikut terlibat melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat).

Berdasarkan laporan pihak kepolisian yang tertuang dalam LP-B/07/IV/2017/sumsel/okut/sek Belitang III, dibekukanya dua remaja yang satu diantaranya diketahui masih berstatus pelajar itu, terbukti terlibat dalam pencurian sepeda motor milik korban Marno (48) yang saat itu tengah diparkir dikediamannya yang terletak di Desa Karsa Jaya, Kecamatan Belitang Jaya, pada Sabtu (25/3/2017) lalu, sekitar pukul 05.30 WIB.

“Keduanya berhasil kita tangkap tanpa perlawanan saat berada dirumahnya. Diketahui, satu tersangka diantaranya masih berstatus pelajar,” terang Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru melalui Kasubag Humas AKP Hardan, ketika dikonfirmasi, Senin (17/4/2017).

Dikatakannya, lanjut Hardan, kedua tersangka melancarkan aksinya tersebut dikediaman korban Marno, pada Sabtu (25/3/2017) lalu, sekitar pukul 05.30 WIB dini hari. Hasilnya, diketahui kedua tersangka berhasil menggondol satu unit sepeda motor yamaha L2 tuji, warna merah dengan Nomor Polisi (Nopol) AD 5703 YC, nomor rangka kendaraan L2.64293 dan nomor mesin L2.212103K.

“Kejadian tersebut diketahui korban saat hendak pergi kerja keladang, saat itu korban melihat pintu rumahnya sudah dalam keadaan terbuka dan melihat kendaraannya sudah tidak ada lagi,” lanjutnya seraya menjelaskan kronologis kejadian tersebut.

Anggota berhasil meringkus tersangka tanpa perlawanan saat keduanya diketahui berada dikediamannya. Peringkusan tersebut juga berkat peran serta masyarakat yang berikan informasi bahwa kedua remaja tersebut dicurigai ikut terlibat dalam aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) dikediaman korban Marno.

“Saat kita introgasi, keduanya mengakui semua perbuatannya yang telah muncuri sepeda motor milik korban dan menyembunyikannya disemak – semak. Saat dilakukan pencarian, kita tidak berhasil temukan barang bukti tersebut,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya beserta anggota masih terus melakukan pencarian terhadap sejumlah barang bukti lainnya, yakni berupa motor milik korban. Meskipun begitu, anggota sebelumnya telah berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa pakaian yang dikenakan kedua tersangka saat melakukan aksi pencurian tersebut.

“Sejauh ini anggota berhasil amankan barang bukti berupa, satu helai baju kaos tangan panjang warna hijau milik tersangka SB dan satu helai baju kaos tangan pendek warna hitam milik tersangka EG beserta satu potong celana pendek warna coklat. Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun,” pungkasnya.