Antisipasi ‘Tamasya Al-Maidah’, Anggota Tiga Polres Bergabung Jadi Satu

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Guna melakukan penyekatan terhadap sejumlah bus kota antar provinsi dan kendaraan lainnya yang diduga akan menuju Ibukota Jakarta dalam rangka tamasya Al-Maidah untuk mengawal Pilkada DKI bersih, Polres OKU, OKU Timur dan OKU Selatan bergabung dan sedikitnya mengerahkan 32 personil anggotanya untuk bersiaga di ruas Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinteng).

Kesiagaan puluhan anggota gabungan diruas Jalinteng Simpang Lingot, Kecamatan Martapura tersebut telah terlihat sejak Senin (17/4) lalu pukul 22.00 Wib dan akan berlangsung hingga Rabu (18/4/2017) malam. Dalam pelaksanaan giat kesiagaan, para puluhan personil dibagi menjadi dua regu dengan pembagian waktu regu Pertama akan lakukan giat mulai pukul 23.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB, sedangkan Regu Kedua pukul 04.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

“Sejauh ini, untuk hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan adanya kelompok masyarakat atau mahasiswa yang ingin menuju Jakarta untuk menghadiri tamasya Al-Maidah jelang pemiligan gubernur DKI Jakarta,” terang Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru melalui kasubag Humas AKP Hardan ketika dikonfirmasi, Selasa (18/4/2017).

Menurutnya, lanjut Hardan, jika dalam giat kesiagaan ini ditemukan kelompok masyarakat atau sejumlah mahasiswa yang akan berangkat ke Jakarta, pihaknya tidak akan melakukan penangkapan namun hanya akan melakukan pendataan saja.

“Lain halnya jika ada penumpang atau supir yang didapati membawa senjata tajam, senjata api, atau bahkan narkoba, kita tidak akan beri toleransi dan akan langsung menindak tegas para pelaku tersebut,” tegasnya.