Bupati OKU Timur Buka HUT PKK dan Peringatan Hari Kartini 2017

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menandatangani gerakan masyarakat hidup sehat (germas)

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA –  Peringatan Hari kesatuan gerak PKK yang dirangkai dengan peringatan hari Kartini di Kabupaten OKU Timur berlangsung meriah. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh PKK dan Dharmawanita OKU Timur mulai dari olahraga, tari, pasar tani, pameran dan sunatan massal.

Puncak acara dilaksanakan Rabu (19/4/2017) di Balai Rakyat dengan menggelar berbagai kegiatan mulai dari pameran, pasar tani, sunatan massal, dan sejumah kegiatan lainnya seperti pembagian hadiah sejumah perlombaan. Dalam kesempatan itu juga ditandatangani kesepakatan gerakan masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Bupati OKU Timur, ketua PKK, dharmawanita, dan unsur muspida.

Ketua peringatan Hari PKK dan hari Kartini Lilik Setio Rini Fery dalam sambutannya mengatakan, peringatan HUT PKK dan hari Kartini dilaksanakan dengan berbagai perlombaan mulai dari lomba Pidato dengan peserta dari seluruh kecamatan dan organisasi wanita, lomba Volley, lomba memasak B2SA, sunatan massal, dan pasar tani.

“Kita mengambil tema dalam kegiatan kali ini ‘Dengan semangat hari Kartini dan Hari Kesatuan Gerak PKK, Kita lakukan akselerasi program kerja PKK demi meningkatkan kualitas hidup keluarga dan terwujudnya generasi yang tangguh dan berakhlak mulia,” katanya.

Sementara Bupati  OKU Timur HM Kholid MD S.sos M.si dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir betapa pentingnya organisasi wanita yang memiliki peran serta dalam dalam pembangunan daerah dan pembangunan karakter masyarakat.

Menurutnya, salah satu yang dicanangkan oleh ibu-ibu PKK adalah Gerakan masyarakat hidup sehat. Yang pertama yang harus dilakukan adalah pola makan. Seperti saat ini untuk menjalani hidup sehat bisa diawali dengan pola makan yang serba organik.

OKU Timur ini salah satu lumbung tanaman organik. Kedepan juga akan diupayakan agar seluruh tanaman dan hasil persawahan serta peternakan menjadi serba organik sehingga konsumsi yang ada akan semakin sehat dan meningkatkan penghasilan masyarakat,” katanya.

Menurut Kholid, keberadaan organisasi wanita tentunya sangat penting dalam sebuah daerah seperti program yang ada di OKU Timur saat ini gerakan menanam cabai serentak yang diwajibkan seluruh SKPD menanam minimal 10 batang cabai. Setelah itu kata dia, akan dilanjutkan dengan program penanaman cabai setiap rumah minimal 10 batang.

“Tujuan dari program ini agar saat bulan puasa nanti seluruh masyarakat sudah memiliki tanaman cabai minimal 10 batang dan sudah berbuah. Tentunya dengan demikian akan mengurangi pembelian di pasar yang akan membuat harga cabai menjadi turun dan tidak mengalami kenaikan signifikan karena jumlah pembeli yang menurun,” katanya.

Usai memberikan sambutan dan menyaksikan rangkaian acara, Kholid kemudian menandatangani komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bersama unsur muspida, camat dan organisasi wanita serta SKPD.

Penulis: Humas OKU Timur