Gelar Razia Gabungan, 22 Personil Rutan Martapura – Baturaja Gledah Seluruh Kamar WBP

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA –Guna minimalisir beredarnya barang barang terlarang serta upaya dalam mengantisipasi terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan didalam Rumah Tahanan (Rutan) Martapura, Selasa (19/4/2017) sekitar pukul 20.00 WIB, pihak Rutan cabang Martapura-Baturaja menggelar razia gabungan disetiap kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan dipimpin langsung Kapala Rutan Baturaja, Herdianto didampingi Kepala Cabang Rutan Martapura, Royhan Al Faisal.

Ketika dikonfirmasi, Rabu (19/4/2017), Kapala Rutan (Karutan) Baturaja Herdianto didampingi Kepala Cabang (Kacab) Rutan Martapura Royhan Al Faisal membenarkan adanya razia gabungan tersebut. Menurutnya, digelarnya razia gabungan tersebut sesuai dengan arahan langsung dari Kakanwil Sumsel, dr H Sudirman D. Hury SH.MM MS.c serta Kepala Divisi Pemasyarakatan, H Julkifli Bustomi PC.IP.

“Sebelumnya kita sudah bentuk Satgas Kantib dengan melibatkan sedikitnya 22 anggota personil, yang terdiri dari 14 anggota Rutan Baturaja dan 8 anggota Cabang Rutan Martapura. Dalam razia itu, kita coba melakukan penggeledahan disetiap kamar Warga Binaan,” katanya.

Hasilnya, lanjut dia, anggota personil Satgas Kantib yang melakukan penggeledahan disetiap kamar WBP, berhasil mengamankan sejumlah barang terlarang berupa lima buah sajam yang terbuat dari sikat gigi, dua sendok runcing, satu buah silet, satu gunting, lima unit handphone dan sembilan buah korek api.

“Setelah semua kamar di gledah, kita tidak temukan adanya narkoba tapi kita berhasil amankan sejumlah sajam yang terbuat dari sikat gigi dan sendok yang diruncingkan serta beberapa unit handphone. Nantinya semua temuan itu akan kita musnahkan dan bagi para WBP yang menyimpan barang tersebut akan kita berikan sangsi,” lanjutnya.

Meski dalam razia gabungan tersebut Satgas Kantib tidak temukan adanya narkoba, pihaknya menegaskan jika nantinya WBP terbukti menyimpan dan menguasai narkoba, WBP yang bersangkutan akan diberikan tindakan lanjutan serta akan diserahkan ke pihak Kepolisian.

“Kita lakukan razia gabungan ini bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir adanya barang terlarang yang masuk di dalam Cabang Rutan Martapura. Pastinya, kami juga berharap dengan adanya razia ini warga binaan dapat lebih mentaati aturan-aturan yang berlaku didalam Rutan Martapura ini,” harapnya.