Bupati OKUT: Duku Komering Akan Dikembangkan Tanpa Kurangi Citarasa

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Duku Komering yang ada di Kabupaten OKU Timur resmi memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) sehingga kedepannya nama tersebut tidak bisa digunakan atau diklaim oleh daerah lain penghasil duku selain daerah komering yang membentang di tiga Kabupaten yakni, OKU Timur, OKU Selatan dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Sertifikat Duku Komering tersebut diterima langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan kHoltikultura (TPH) Ir Ruzuan Effendi Rabu (26/4/2017) di Hotel Indonesia Jakarta yang diserahkan langsung oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM RI.

Menurut Kholid, pemerintah OKU Timur nantinya akan mengembangkan semaksimal mungkin tanaman Duku Komering sebagai salah satu komoditas unggulan dibidang kholtikultura. Hal itu tentunya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Nantjnya akan dilakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara membudidayakan Duku Komering agar cepat berbuah tanpa mengurangi cita rasa khasnya, karena selama ini Duku Komering berbuah cukup lama pasca penanaman awal. Hal itulah yang kita uapayakan agar duku komering ini dapat berbuah dengan waktu yang tidak terlalu lama,” jelasnya.