Duku Komering OKUT Resmi Miliki Sertifikat Indikasi Geografis

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan kHoltikultura (TPH) Ir Ruzuan Effendi, menerima penyerahan sertifikat Indikasi Geografis (IG) untuk Duku Komering yang merupakan tanaman kholtikultura asal Bumi Sebiduk Sehaluan, di Hotel Indonesia Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Penyerahan sertifikat IG Duku Komering kepada Bupati OKU Timur HM Kholid MD dilakukan langsung oleh Kementerian hukum dan Hak Azazi Manusia HAM Indonesia.

Menurut Ir Ruzuan Effendi selaku Kepala Dinas TPH, ketika dikonfirmasi Rabu (26/4/2017) mengatakan, dengan diraihnya sertifikat Duku Komering tersebut maka Kabupaten OKU Timur mendapatkan hak paten yang memastikan bahwa di OKU Timur memiliki daerah IG yang ditumbuhi oleh salah satu tanaman kholtikultura yakni Duku Komering yang tumbuh disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Komering.

“Saat ini OKU Timur sudah memiliki hak paten mengenai nama Duku Komering yang artinya pembeli bisa menanyakan keaslian duku dagangan di seluruh Indonesia maupun Internasional saat musim duku tiba. Setelah adanya sertifikat tersebut tentunya tidak ada lagi yang akan mengklaim bahwa duku komering selain di OKU Timur,” kata Ruzuan Effendi ketika dikonfirmasi.