Jangan Coba-coba Ngaku Jual Duku Komering

DUKU Komering yang ada di Kabupaten OKU Timur resmi memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) sehingga nama tersebut tidak bisa digunakan oleh daerah lain penghasil duku selain Daerah komering yang membentang di tiga kabupaten yakni, OKU Timur, OKU Selatan dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Sertifikat Duku Komering tersebut diterima langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan kHoltikultura (TPH) Ir Ruzuan Effendi Rabu (26/4/2017) di Hotel Indonesia Jakarta yang diserahkan langsung oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM RI.

Sertifikat Indikasi Geografis (IG) yang diraih Kabupaten OKU Timur untuk mempertahankan nama duku Komering

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD pemerintah OKU Timur akan mengembangkan tanaman Duku Komering sebagai salah satu komoditas unggulan bidang kholtikultura untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Akan dilakukan penelitian terlebih dahulu bagaimana cara membudidayakan Duku Komering agar cepat berbuah tanpa mengurangi cita rasa khasnya karena selama ini Duku Komering berbuah cukup lama pasca penanaman awal. Itu yang akan berusaha dirtubah,” kata Kholid.

Sedangkan Kepala Dinas TPH Ir Ruzuan Effendi mengatakan, dengan diraihnya sertifikat Duku Komering OKU Timur mendapatkan hak paten mengenai duku Komering yang tumbuh disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Komering.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menerima sertifikat Indikasi Geografis (IG) duku Komering

“OKU Timur sudah memiliki hak paten Duku Komering. Artinya pembeli bisa menanyakan keaslian duku dagangan di seluruh Indonesia maupun Internasional saat musim duku tiba,” katanya.

Berikut Ciri-ciri Duku Komering:

Duku Komering merupakan produk buah segar yang memiliki ciri khas dan kualitas serta mutu yang sudah cukuo dikenal oleh masyarakat luas, ciri dan kualitas tersebut dipengaruhi oleh faktor alam dan manuisia.

Duku Komering merupakan produk lokal asli Daerah Aliran Sungai (DAS) Komering yang dibudidayakan oleh masyarakt tiga kabupaten yaitu OKU Timur, OKU Selatan dan OKI.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD (dua dari kanan) saat menerima sertifikat Indikasi Geografis (IG) Duku Komering

Duku Komering mempunyai karakteristik bentuk buah oval dan bagian ujung buah agak lancip. Warna buah masak kuning sampai kuningh kusam. Ketebalanm kulit 1-3 MM jumlah singung per buah 5 buah warna daging buah bening sampai bening sedikit keruh serta jumlah biji per buah antara 1-2 biji.