Dialog Cakna BKM: OKU Timur Belum Siap Terapkan Full Day School

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Kabupaten OKU Timur mendukung penuh program full day school yang digagas Menteri Pendidikan dan Kabudayaan RI, namun penerapannya  di OKU Timur belum dapat dijalankan.

Penegaskan ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan OKU Timur Drs M Ali Pasyai ketika dibincangi BKM dalam program Percakapan dan Wacana (Cakna),Kamis (27/4/2017).

Sejumlah alasan membuat program Full Day School ini tidak dapat dijalankan secara efektif di OKU Timur menurut M Ali diantaranya karena  kondisi wilayah yang sangat luas,  sehingga akan sangat memberatkan  anak didik jika program ini dijalankan, berbeda dengan  kondisi di perkotaan, program ini dapat saja dilakukan  seperti yang dijalankan oleh SMA tiga Martapura yang  jauh hari sebelum program ini digulurkan sudah melakukan Full Day School.

Hal yang senada juga diungkapkan Ketua PGRI OKU Timur Drs H Surya Bhakti yang menegaskan  banyak yang harus dipertimbangkan pemerintah daerah jika full day school ini dijalankan, karena terkait dengan  biaya  tambahan yang harus ditanggung  meliputi  stimulus  untuk para guru, untuk SMA Negeri 3 Martapura saja menyedot ratusan juta dalam satu tahun.

Mantan Sekda OKU Timur ini menilai, full day school bisa saja dilakukan  dikota-kota besar  yang fasilitasnya sudah lengkap  namun untuk kelas kabupaten, kota program ini masih sulit dijalankan secara efektif.

Berbeda halnya dengan sekolah  negeri dan swasta yang ada dibawah kementerian agama, menurut Kasubag TU  Kementerian Agama OKU Timur H Karep   program full day school sudah lama dijalankan terutama di sekolah- berbasis pondok pesantren.

Dalam acara dialog yang digelar  rutin di Radio BKM tersebut menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Drs M Ali Pasyai, Ketua PGRI OKU Timur Drs H Surya Bhakti MM, Pengawas Pendidikan Menengah SMA-SMK Provinsi Sumsel, Drs Edwar, Kasubag TU Kantor Kementerian  Agama OKU Timur  H Karep, S.Pd dan Wakil Ketua Dewan Pendidikan OKU Timur Sukirno. Dipandu langsung oleh Herman  Danawi  selaku Direktur  LPP Lokal Radio BKM FM 100.1 Mhz,.

Penulis: Radio BKM FM 100.1 FM.