Ini Dia Perusahaan yang Berikan Bantuan Motor PBK kepada Polda Sumsel

Motor pemadam kebakaran yang akan diogunakan sebagai antisipasi bahaya kebakaran kepada Polda Sumsel sebanyak 25 Unit

KABAROKUTIMUR.COM | SUMSEL – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si menerima bantuan sepeda motor pemadam kebakaran sebanyak 25 unit. Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh kapolda yang berasal dari Bank BRI, PT. Pratama Nusantara Sakti dan PT. Sinar Mas di Mapolda Sumsel. Kamis (27/4/2017).

Adapun bantuan yang diterima berasal dari beberapa perusahaan masing-masing Bank BRI memberikan bantuan sebanyak 15 unit motor pemadam kebakaran, PT. Pratama Nusantara Sakti memberikan 5 unit motor pemadam kebakaran dan PT. Sinar Mas memberikan bantuan sebanyak lima unit motor pemadam kebakaran dengan total 25 unit motor pemadam kebakaran yang diterima Polda Sumsel.

Pimpinan Bank BRI wilayah Palembang Edi Priyono saat penyerahan motor damkar mengatakan Provinsi Sumatera Selatan saat ini berstatus siaga bencana penanggulangan kebakaran lahan dan hutan, dimana dengan status  tersebut mengharuskan semua pihak terkait untuk fokus pada upaya pendeteksian dini karhutla. Dimana pada tahun 2015 karhutla di provinsi Sumsel menjadi salah satu bencana nasional dan sumber asap hingga negeri tetangga. Menurut prediksi BNPB Provinsi Sumsel tahun 2017 tantangan akan semakin berat karena cuaca diprediksi akan lebih panas dibanding dua tahun sebelumnya dengan puncaknya di bulan Juni 2017.

“Dibutuhkan langkah antisipatif dan persiapan yang cukup matang untuk menangani bencana kebakaran lahan dan hutan, serta kerjasama dan sinergi harus dilakukan bukan hanya oleh pemerintah namun juga semua pihak “ ujar Edi.

Kapolda Sumsel mengatakan berdasarkan data BNPB Sumsel bahwa dampak dari kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada tahun 2015 lalu membuat negara Indonesia mengalami kerugian hingga triliunan baik dari sektor perekonomian, kesehatan, pendidikan maupun targanggunya jalur transportasi laut, darat maupun udara.

Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, Presiden Republik Indonesia sudah mengeluarkan instruksi terkait penanganan kebakaran lahan dan hutan tahun 2017 dan telah memerintahkan jajaran beserta unsur pemerintah untuk melakukan langkah-langkah antisipasi yang bersifat permanen dengan melibatkan semua komponen yang ada, ungkapnya

“Saya ucapkan trimakasih dan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dan kepedulian dari stakeholder guna mendukung Polda Sumsel dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Kapolda

Penulis : Yulius/Humas Polda Sumsel