KABAROKUTIMUR.COM | SUMSEL – Guna memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Drs. H.M. Tito Karnavian M.A., Ph.D, meresmikan aplikasi berbasis android milik Polda Sumsel yang bernama ‘Polisi Wong Kito’, di Gedung Catur Cakti, Palembang, kemarin (28/4/2017). Aplikasi berbasis android mobile ini tidak lain merupakan gagasan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si yang memanfaatkan IT untuk mendukung penuh program promoter Kapolri.

Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan ada beberapa Polda yang sudah terlebih dahulu membuat aplikasi online yang tujuannya untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Meskipun begitu, untuk fitur pada aplikasi ini yang paling lengkap ada di ‘Polisi Wong Kito’.

“Daerah lain itu sudah banyak meluncurkan aplikasi online, tapi Polda Sumsel ini lebih lengkap fitur aplikasinya,” terang Kapolri.

Melalui aplikasi Polisi Wong Kito, nantinya banyak kemudahan yang akan diperoleh masyarakat karena pada aplikasi ini didukung sebelas fitur, diantaranya lalu lintas, SKCK online (Intelkam), keluhan masyarakat (Propam), info SDM, Binmas, berita (Humas), tempat penting, SP2HP (Reskrim, Narkoba dan Polairud), tombol darurat atau panic button dan terakhir laporan masyarakat.

“Saya berikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolda dengan adanya aplikasi Polisi Wong Kito ini tentunya akan mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena ini sangat lengkap fitur-fiturnya. Baik SDM, lalu lintas dan pelayanan darurat semua ada,” ujar Kapolri

Dengan adanya aplikasi ini, Kapolri berharap Polda Sumsel dapat memberikan pelayanan secara maksimal. Tidak ada lagi keluhan atas lambatnya pelayanan, terutama menyangkut urusan yang sangat darurat.
Penulis : Yulius/Polda Sumsel