Kedudukan BPD Sejajar Dengan Kades

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat melantik anggoa BPD
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD resmi melantik 50 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berasal dari lima kecamatan dan delapan desa. Pelantikan BPD tersebut dilaksanakan Selasa (9/5) di Aula Kecamatan Buay Madang.

Kholid mengingatkan kepada seluruh anggota BPD yang baru dilantik agar dapat bekerja dengan maksimal baik dalam pengawasan maupun dalam membantu kepala desa dalam memajukan desa khususnya dan OKU Timur pada umumnya.

Anggota BPD kata dia, merupakan mitra dari Kepala Desa dengan kedudukan yang sejajar. Hanya tugas dan fungsinya berbeda. Dia mencontohkan kedudukan BPD dan kepala desa sama halnya dengan Bupati dan DPRD, Gubernur dengan DPRD Provinsi dan seterusnya hingga tingkat pemerintah pusat.

“Jadi keberadaan BPD sangat penting untuk kemajuan desa,” kata Kholid.

Dalam kesempatan itu Kholid juga mengingatkan kepada BPD dan Kepala Desa yang hadir bahwa pemerintah Kabupaten beberapa waktu lalu baru saja menggelontorkan Bantuan Dana Desa dari APBN. Tugas BPD kata dia, agar dapat mengingatkan dan mengawasi penggunaan anggaran dana desa tersebut.

“Awasi Kepala Desa dalam penggunaan Dana Desa yang telah digelontorkan sehingga dana desa tersebut sesuai dan tepat sasaran. Jangan sampai dana desa yang cukup besar yang telah digelontorkan menjadi sia-sia dan tida memilliki manfaat bagi masyarakat banyak,” katanya.

Dalam penggunaan dana desa kata dia, jangan sampai semuanya sia-sia dengan membangun sesuatu yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Kholid mengaku tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan para kepala desa untuk menggunakan dana desa sesuai dengan aturan dan ketentuan.

“Jangan sampai dana desa yang sudah diamanatkan itu menjadi masalah dikemudian hari. Kepada anggota BPD yang baru dilantik agar dapat melakukan pengawasan secara bersama-sama dan saling mengingatkan untuk kemajuan bersama. Saya juga berpesan agardapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab,” tegas Kholid.