Foto: Istimewa

KABAROKUTIMUR.COM | SUMSEL – Iptu Irwan Sidik, Kapolsek Air Sugihan bersama personel berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu seberat 60 jie senilai Rp 60 juta.

Narkoba tersebut akan diedarkan di wilayah Sungai Baung, Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan, Kamis (11/5/2017).

Pengedar sekaligus bandar di wilayah Pantai Timur OKI itu yakni, Endang Suradilaga (46), warga Desa Selapan, Kecamatan Tulung Selapan dan Rian Wilantara (19) warga Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam.

Keduanya ditangkap dalam perjalanan dari Pangkalan Lampam menuju Sungai Baung.

Kapolres OKI AKBP Ade Hariyanto SH SIk melalui kapolsek Air Sugihan, Iptu Irwan Sidik SH mengatakan, belakangan ini pihaknya mendapat laporan ada bandar narkoba yang sering memasok narkoba jenis sabu-sabu ke wilayah hukum pesisir pantai yang memang sulit terjangkau.

“Kita lakukan penyelidikan, akhirnya kita mendapat informasi bahwa ada dua orang yang diduga bandar masuk ke wilyah Dusun Sungai Baung, dengan mengendarai kendaraan mobil pick up Hitam Merk Mithsubishi Colt Tanpa Nomor Polisi yang diduga membawa Narkotika Jenis Sabu,” kata Kapolres Ade.

Menindaklanjuti informasi tersebut, pihaknya mengajak dua anggotanya Bripka Irwan Subianto dan Bripda M Septian dibantu dua anggota Polairud Ipda Asmun Z dan Bripka Yudi F mencegat mobil tersangka saat masuk di jalan poros Camp E PT BAP Dusun Sungai Baung Desa Bukit Batu.

“Ketika kita geledah ditemukan 5 paket sabu sebanyak lebih kurang 60 jie, paket sabu tersebut berada di dalam 1 (satu) bungkus plastik permen Kiss warna merah, dan uang tunai Rp 891.000, selanjutnya kedua tersangka kita bawa ke mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut,” timpal Irwan.

Keduanya dijerat UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancamaman Maksimal hukuman mati.

“Kasus ini masih kita kembangkan untuk mengungkap bandar lainya, berapa banyak narkoba yang sudah dikirim ke Sungai Baung, itu masih kita dalami, tersangka terancam maksimal hukuman mati,” tegasnya.

Sementara itu, menurut tersangka Endang, sabu itu akan dijual kepada pengedar di Sungai Baung, semuanya sebanyak 60 jie. “1 (satu) jie dijual dengan Harga Rp 1.000.000, dan 1 paket sabu seberat 12 jie, kami jual seharga Rp 12.000.000,” tandasnya.

Sumber: Sriwijaya Post