loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Guna menjalin silaturahmi dan menjaga hubungan komunikasi yang baik antara jajaran Polres OKU Timur dengan pihak anggota Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Martapura, Jum’at (12/5/2017), Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan ke Rumah Martapura. Selain itu kehadirannya ke Rutan Martapura juga untuk mengetahui langsung bagaimana suasana situasi dan kondisi didalam lembaga kemasyarakatan tersebut.

Kunjungan orang nomor satu di lingkungan Mapolres OKU Timur ini disambut langsung oleh Kasubsi Cabang Rutan Martapura, Yantala Herlizar. Tak lupa, sebelum memasuki ruang tahanan, Kapolres juga terlebih dahulu mengisi buku tamu serta menjalani pemeriksaan oleh petugas, tentunya sesuai dengan SOP yang berlaku didalamnya.

“Amankan saya? Sekarang saya sudah boleh masuk kedalam,” terang Irsan secara singkat, usai dilakukan pemeriksaan petugas Rutan Martapura.

Kedatangan Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji juga diterima dengan hangat oleh Narapidana. Bahkan sempat terjadi dialog antara Kapolres dengan penghuni Cabang Rutan Martapura.

Usai melakukan kunjungan di Cabang Rutan Martapura, dirinya mengungkapkan, kehadirannya ke lembanga itu bertujuan untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi serta untuk mengetahui kondisi Cabang Rutan Martapura itu sendiri.

“Kita ingin kondisi daerah kita tetap nyaman, saya berkunjung kesini tujuannya untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi,” ungkapnya.

Dia mengharapkan peristiwa yang terjadi di beberapa Rutan di Indonesia semoga tidak terjadi disini. Karena itu tentunya perlu kerjasama yang baik antar lembaga untuk mengantisipasi jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan sampai terjadi.

“Saya datang untuk melihat kondisi Cabang Rutan bagai mana sistim pengamanan namun ternyata selama ini sistim pengamanan sudah cukup bagus, kita lihat petugasnya disiplin rapi-rapi ini mencerminkan jika petugas disini bertanggungjawab dalam menjalankan tugas,” jelasnya.

Lanjut Irsan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan terciptanya situasi dan kondisi yang aman di lingkungan Rutan Martapura, seperti misalnya anggota kepolisian terus melakukan kontrol secara rutin Rutan Martapura.

Selain itu, dia juga katakan, jika nantinya ditemukan adanya praktek Pungli maka pihaknya akan menindak tegas siapa pun yang melakukannya. Bahkan kedepan pihaknya akan melakukan penebalan maupun penempatan anggota tujuannya tidak lain untuk membantu petugas Cabang Rutan Martapura dalam memeriksa tamu yang datang berkunjung.

“Meskipun begitu, nantinya anggota kita hanya bertugas mengawasi selebihnya yang melakukan pemeriksaan langsung terhadap tamu yang datang tetap dilakukan oleh petugas dari Cabang Rutan Martapura ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Royhan Alfaisal selaku Kepala Cabang Rutan Martapura melalui Kasubsi Yantala Herlizar, ketika dikonfirmasi membenarkan tentang adanya SOP bagi siapapun yang akan berkunjung harus diperiksa terlebih dahulu.

“Tujuan pemeriksaan terhadap para tamu yang datang berkunjung ini tidak lain untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.