loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Tingginya jiwa sosial masyarakat Kabupaten OKU Timur dalam memecahkan berbagai masalah membuat hubungan antar agama, suku dan adat semakin erat membaur dalam masyarakat.

Seperti yang terjadi beberapa hari terakhir, masyarakat yang ada di 20 kecamatan di OKU Timur serentak melaksanakan gotong royong bersama melakukan perbaikan jalan dengan perbaikan sementara menggunakan batu agregat sementara perbaikan total secara bertahap dilaksanakan oleh pemerintah OKU Timur, maupun pemerintah Provinsi.

Gotong royong bersama perbaikan jalan tersebut dilaksanakan masyarakat dalam rangka memudahkan petani dalam membawa hasil bumi keluar daerah untuk dipasarkan.

“Gotong royong dilaksanakan oleh masyarakat untuk memudahkan akses jalan sehingga bisa dilalui dengan mudah oleh kendaraan yang membawa hasil bumi keluar daerah,” ungkap Kabag Humas Prayogo SE MM.

Menurut Prayogo, kebersamaan masyarakat dalam membangun daerah merupakan implementasi dari kecintaan masyarakat akan OKU Timur itu sendiri. Selain itu, kekompakan yang dibangun masyarakat juga menciptakan keamanan dan kedamaian di setiap daerah sehingga permasalahan-permasalahan bisa diselesaikan dengan cara musyawarah tanpa menimbulkan perpecahan.

“Dengan kebersamaan dan gotong royong yang kuat maka semua permasalahan yang ada di suatu daerah akan bisa diselesaikan dengan baik. Itulah yang menjadikan OKU Timur ini menjadi daerah yang aman dan tidak pernah ada konflik sosial baik agama, suku maupun adat meskipun berbagai suku dan agama ada di OKU Timur,” katanya.

Beberapa waktu lalu kata Prayogo, antara masyarakat muslim dengan non muslim saling bahu membahu dalam memperingati hari besar kristen. Dalam peringatan hari besar tersebut ibu-ibu muslim menjadi juru masak.

“Itu menandakan tingginya toleransi dan kebersamaan masyarakat tanpa memandang suku maupun agama,” katanya.