Tingkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat, Koramil Belitang II Bangun Puluhan Jamban

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | BELITANG – Dalam rangka upaya meningkatkan pola hidup sehat ditengah masyarakat serta sebagai langkah dalam membudayakan Buang Air Besar (BAB) pada tempatnya, pihak Koramil 15, Kecamatan Belitang II, Kabupaten OKU Timur, melaksanakan Karya Bhakti berupa membangun puluhan jamban disejumlah Desa yang berada di wilayah Kecamatan tersebut.

Danramil Belitang II Kapten Inf Sunarto, ketika dikonfirmasi, Senin (15/5/2017), mengatakan, dilakukannya kegiatan Karya Bhakti tersebut tidak lain ditujukan untuk membangun lokasi pembuangan air besar (Jamban, red) warga, disetiap wilayah yang belum memiliki lokasi tersebut.

“Dalam Karya Bhakti itu kita lakukan pembangunan di sejumlah desa. Namun, untuk prioritas utama pembangunan ini dilaksanakan pada wilayah-wilayah yang belum mempunyai lokasi pembuangan air besar,” katanya.

Lanjut Sunarto, masyarakat yang belum memiliki jamban diwilayah yang ditinggalinya, selama ini mereka masih memanfaatkan aliran sungai untuk melakukan buang air besar. Selain itu, sebagian besar dari mereka ada juga yang manfaatkan saluran tersier irigasi serta ada juga yang sengaja menggali tanah untuk membuang air besar.

“Dengan cara seperti itu, pastinya tingkat kesehatan warga akan menurun, terutama bagi mereka yang melakukan BAB disaluran tersier irigasi dan aliran sungai. Karena disisi lain, masih ada masyarakat yang juga manfaatkan aliran sungai dan irigasi itu untuk penuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti misalnya mandi, mencuci bahkan untuk kebutuhan makan dan minum sehari-hari,” lanjutnya.

Dengan dibangunnya jamban tersebut nantinya diharapkan, tingkat kesehatan ditengah kehidupan masyarakat dapat meningkat serta pola hidup masyarakat sehari-hari juga bisa lebih baik dan dapat lebih terjaga.

Sementara, dengan adanyanya kegiatan Karya Bhakti tersebut, sebagian besar masyarakat yang bermukim di wilayah Kecamatan Belitang II, mengaku sangat terbantu. Menurutnya, karya Bhakti TNI dengan lakukan pembangunan jamban tersebut sangat membantu warga dalam wujudkan pola hidup sehat dan membiasakan warga untuk membuang air besar dilokasi yang semestinya.

“Terkadang masyarakat disini juga masih ada yang menggunakan cara lama dalam membuang air besar, seperti di aliran sungai. Kita ucapkan terima kasih atas adanya pembangunan jamban dan sosialisasi dari pihak TNI, dengan ini mudah-mudahan nantinya masyarakat bisa terbiasa dalam terapkan pola hidup sehat sehari-hari,” imbuhnya.