Pengamanan Pilkades Tidak Berbeda Dengan Pilkada

kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji (kiri) didampingi sejumlah perwira tinggi Polres OKU Timur
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | MARTAPURA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan digelar secara serentak pada 24 Mei 2017 mendatang akan diikuti oleh sedikitnya 28 desa dari 305 Desa defenitif yang ada.

Pilkades serentak yang akan digelar beberapa hari tersebut menjadi perhatian khusus bagi pihak kepolisian agar selama proses pilkades hingga pelantikan semuanya berjalan dengan kondusif.

Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji mengaku akan berusaha menjadikan OKU timur sebagai daerah kondusif dari berbagai konflik pada saat pelaksanaan pilkades. Bahkan Irsan akan melakukan pengamanan pada pilkades mendatang sama dengan ketika pilkada dilaksanakan.

Pihaknya sudah melakukan pemetaan desa-desa yang akan melaksanakan pilkades dan sejumlah calon yang ada untuk melakukan pengamanan sejumlah lokasi dan sejumlah titik yang dinilai rawan terjadi konflik.

“Rencana  pengamanan  dan pengerahan pasukan baik pra-pilkades, pada saat Pelaksanaan dan pasca Pilkades sudah ditentukan. Anggota sat-Intelkam sudah bergerak  untuk melakukan pendekatan kepada para calon maupun masyarakat agar saat Pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan aman, tertib jujur dan kondusif,” katanya.

Menurut Irsan, untuk menciptakan kondisi Kamtibmas yang tetap nyaman dan tidak terganggu dengan adanya penyelenggaran Pilkades, dirinya mengharapkan kepada seluruh calon yang ada serta masyarakat untuk bersama-sama memberikan rasa aman kepada masyarakat yang ada OKU Timur.

“Pilkades ini diselenggarakan untuk mencari pemimpin desa. Sudah sepatutnya sebagai calon pemimpin juga ikut memberikan rasa aman kepada masyarakatnya. Kondisi dilapangan terutama wilayah yang akan menggelar pilkades semuanya kondusif. Namun tetap kita lakukan pengawasan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.