Mantan Pj Bupati OKU Timur ini Dipanggil Kejagung.. Ada Apa…???

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | NASIONAL –  Mantan penjabat (PJ) bupati Kabupaten OKU Timur Richard Chahyadi AP Msi masuk dalam urutan pertama Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) baru yang dikeluarkan kejaksaan Agung (kejagung) RI dalam kasus dugaan korupsi Dana Hibah Sumsel tahun 2013 dugaan kerugian negara sekitar Rp. 2, 1 Miliar.

Richard dan belasan pejabat lainnya dipanggil kejagung dalam sprindik baru pasca penetapan dua petinggi Pemprov Sumsel sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Adapaun dua tersangka terdahulu, yang saat ini perkaranya tengah diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang, adalah Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Sumsel, Ikhwanuddin dan Kaban Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah, Laonma Pasindka Tobing sesuai dengan Sprindik Nomor: Print-95/F/Fd. 1/09/2015, tanggal 8 September 2016.

Selain mantan Pj Bupati OKU Timur, mantan Pj Bupati OKU Selatan juga masuk dalam daftar Sprindik kejagung dalam dugaan korupsi dana hibah itu. Robby dan Richard menjabat Bupati di OKU Timur dan OKU Selatan selama pelaksanaan pilkada bupati dan wakil bupati selama kurang lebih enam bulan.

Sedangkan, Sprindik baru Nomor: Prin 45/F . 2/Fd. 1/05/2017. Namun, belum. diikuti penetapan tersangka, karena masih bersifat umum dan belum ditingkatkan ke Sprindik Khusus. Akan tetapi dalam urutan pertama sprindik tersebut nama mantan pj Bupati OKU Timur Richard Chahyadi.

“Terima kasih telah menghubungi saya. Saya masih rapat,” jawab singkat Direktur Penyidikan piada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus ( Jampidsus) Warih Sadono dalam pesan singkatnya seperti dikutip kabarokutimur.com dari Pos Kota.

Dia tidak menjawab tentang sasaran Sprindik baru ditujukan kepada atasan dua tersangka (kini terdakwa, red) terkait adanya fakta baru dalam kasus dugaan korupsi tersebut atau ada pihak lain.

“Saya masih Rapat, ” Warih memberi alasan tanpa menjawab pertanyaan.

Sesua bocoran informasi di kalangan wartawan, telah dijadwalkan 19 orang pejabat Pemprov Sumsel sampai Kamis (19/5/2017). Diantaranya, sebanyak tujuh orang diagendakan untuk diperiksa, Senin (15/5/2017), adalah Richard Cahyadi yang merupakan salah satu mantan penjabat Bupati OKU Timur, Akhmad Najib, Johanes Toruan, Syamsul Bahri, Tanda Subagio Agustinus Anthony dan Supri Anthony. Sedangkan, Selasa (16/5/2017), adalah Irene Camelyn Sinaga, Apriyadi, Roby Kurniawan mantan Pj Bupati OKU Selatan, Widodo, Fenty Aprina dan Anisatul Mardiah.

berikut nama-nama pejabat tinggi pemprov sumsel yang masuk dalam sprindik kejagung