Bupati OKUT: Calon Kades Harus Siap Kalah

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Bupati OKU Timur HM kholid MD meminta kepada seluruh calon kepala desa yang maju sebagai kandidat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar Rabu (24/5/2017) mendatang siap untuk menerima kekalahan.

Kholid mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam mensukseskan pilkades serentak tersebut terutama yang desanya sedang menggelar pesta demokrasi tersebut.

sedangkan untuk kandidat Calon Kepala Desa kata dia, harus siap untuk kalah dan menang. Kalaupun dalam pesta demokrasi tersebut mengalami kemenangan, maka harus disyukuri.

“Dan kepada panitia pelaksana baik dari desa maupun Kecamatan dan Kabupaten agar melaksanakan tugas dengan benar dan penuh tanggungjawab. Jika ada masalah segera koordinasikan sehingga bisa segera dicarikan solusinya,” katanya.

Menurut Kepala Bagian  (Kabag) Tata Pemerintahan Setda OKU Timur, Fifi Lutas Bahagia, logistik Pilkades serentak mulai didistribusikan ke 13 kecamatan untuk kemudian dilanjutkan ke 28 desa. Logistik tersebut disalurkan mulai Senin (22/5/2017).

Dari seluruh desa yang akan melaksanakan pilkades serentak kata dia, maka kandidat yang akan berlaga sebanyak 83 orang kandidat calon Kepala Desa (Kades). Sedangkan untuk jumlah suara yang disalurkan sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 5 persen surat suara sebanyak 35 Ribu surat suara.

“Suasana 28 desa yang akan melaksanakan pilkades hingga saat ini masih kondusif. Bahkan sampai pendistribusian logistik tidak ada kendala. Masing-masing panitia Pilkades yang mengambil logistik mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian,” katanya.

Sedangkan untuk pendistribusian logistik kata dia, pihaknya sudah menyalurkan kotak suara, surat suara, plano, alat coblos, tinta, spanduk dan sebagainya. Masing-masing panitia mengambil langsung di Kantor Kabag Tata Pemerintahan.