TNI-POLRI Bahu Membahu Angkat Karung

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sebagai bentuk dukungan sejumlah perusahaan dalam mengantisipasi bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), berbagai upaya dilakukan mulai dari mempersiapkan peralatan, personil hingga simulasi bagaimana pemadaman yang optimal tanpa membahayakan masyarakat dan tim pemadam itu sendiri.

Jika beberapa waktu lalu, perusahaan PT Musi Hutan Persada (MHP) melsakanakan apel siaga dan simulasi serta pemantauan peralatan dan personil dan puluhan umbung dalam mengantisipasi dan memadamkan api jika terjadi kebakaran, maka pada Jumat (26/5/2017), PT Ogan Hamparan Hijau (OHH) melakukan hal serupa dalam mengantisipasi tejadinya kebakaran dengan membuat Umbung Air (Penampungan Air, red). Selain dilaksanakan oleh pihak perusahaan juga dilaksanakan oleh unsur Muspika kecamatan dan personil Polsek Cempaka.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Cempaka, Kapten Inf Dasep, Kapolsek Cempaka Iptu Jhonson SH, Sekcam Cempaka Arisman yang juga menjabat sebagai  ketua Forum Masyarakat Peduli Api. Manager PT OHH JP Sitorus serta sejumlah anggota TNI dan Polri.

Pembuatan umbung air sendiri dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi kebakaran sehingga petugas tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan air untuk memadamkan api jika muncul titik api di sejumlah lokasi perusahaan tersebut.

Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji saat memberikan amanatnya pada apel siaga PT MHP beberapa waktu lalu menghimbau kepada seluruh perusahaan untuk bersiaga mengantisipasi terjadinya kebakaran dan mempersiapkan peralatan jika terjadi kebakaran.

Namun dirinya meminta kepada perusahaan dan masyarakat agar pada tahun 2017 tidak ada kebakaran. Perusahaan dan masyarakat kata dia jangan sampai menjadi pemadam api namun harus menjadi pengantisipasi titik api.

“Menghadapi Asian Games 2018 Sumsel khususnya dan Indonesia umumnya jangan sampai dibuat malu karena para atlet dari sejumlah negara pulang akibat kepulan asap yang disebabkan kebakaran lahan seperti beberapa tahun sebelumnya. Ancaman Hukuman bagi pembakar lahan jelas jadi harapan saya marilah kita jaga lingkungan agar tetap bagus,” katanya.