Jangan Ngebut Saat Melintasi Jelinteng OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Kendati arus mudik menjelang hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah masih terbilang cukup lama, namun kondisi ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera di Kabupaten OKU Timur belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Bahkan kerusakan yang terjadi justru semakin parah dan membahayakan pengendara baik roda empat maupun roda dua.

Jika tahun-tahun sebelumnya perbaikan secara darurat yakni tambal sulam darurat dilakukan saat awal ramadhan, namun tahun ini belum ada tanda-tanda akan dilakukan perbaikan oleh pemerintah pusat.

Jika kerusakan jalan tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan besar saat memasuki arus mudik,  Jalinteng tetap mengalami kerusakan dengan lubang yang cukup dalam dan membahayakan pengendara.

“Kerusakannya sepanjang jalan mulai dari perbatasan Lampung hingga perbatasan OKU. Jika memang perbaikan dilakukan dengan serius, maka tidak akan selesai, kecuali jika perbaikannya hanya sekedar tambal sulam seadanya,” ungkap Ahmad (24) warga Martapura Jumat (2/6/2017).

Menurut Ahmad, perbaikan beberapa lubang jalan di sekitar kantor Pemkab OKU Timur dan jembatan Kota Baru sudah dilakukan namun hanya tambal sulam seadanya yakni disiram menggunakan aspal tanpa adanya penggalian terlebih dahulu.

“Biasanya tambal sulam yang serius akan digali terlebih dahulu di sekeliling lubang baru kemudian ditambal, namun kemarin saya lihat di depan Polres perbaikan langsung disiram dengan aspal,” katanya.

Ahmad mengaku psimis saat mudik Idul Fitri mendatang Jalinteng selesai diperbaiki meskipun secara darurat mengingat kerusakannya cukup parah. Namun kata dia, jika tidak diperbaiki, maka kemungkinan besar Jalinteng akan banyak memakan korban karena lubang yang ada cukup dalam dan membahayakan baik roda dua maupun roda empat.

“Saat lebaran pesepeda motor meningkat demikian juga dengan mobil. Euphoria Idul Fitri biasanya membuat kewaspadaan pengendara menurun, jika tidak diperbaiki, maka akan banyak yang mengalami kecelakaan,” katanya.