Artis Jupe Meninggal Dunia, Dua Hari Sebelumnya Sempat Dioperasi

    KABAROKUTIMUR.COM, NASIONAL – Duka kembali menyelimuti dunia hiburan di Tanah Air. Artis Julia Perez alias Jupe meninggal dunia akibat kanker serviks di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat pada Sabtu (10/6/2017). Jupe menghembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan intensif selama lima bulan.

    Sebelum meninggal dunia, Jupe sempat menjalani operasi. Bahkan, Ruben Onsu, sahabatnya itu mengumumkan jika Jupe membutuhkan darah golongan A+. Sebelumnya, ia juga sempat mengalami kekurangan darah A+ pada April 2017 lalu.

    Pada pertengahan April 2017, Jupe sempat dikabarkan kritis. Hal itu yang membuat para artis mengunjungi Jupe di RSCM, termasuk mantan suaminya, Gaston Castano. Saat itu Jupe sempat menjalani cuci darah.

    Jupe meninggal dunia akibat kanker serviks stadium empat yang dideritanya. Penyakit ganas yang diderita Jupe sejak September 2014. Saat itu ia mengungkapkan mengidap kanker serviks. Untuk mengobati penyakit tersebut, ia harus bolak-balik berobat ke sebuah rumah sakit di Singapura. Jupe menjual rumah dan mobilnya guna pembiayaan.

    Butuh darah A+

    Artis peran, pembawa acara, dan penyanyi dangdut Julia Perez (36) atau Jupe meninggal dunia pada Sabtu (10/6/2017) di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, karena kanker serviks stadium empat. Hal itu disampaikan oleh manajernya, Mario Markoneng, ketika dihubungi oleh para wartawan pada Sabtu siang. “Ia benar meninggal,” ucapnya sambil terisak.

     Sebelumnya, pada Kamis 8/6/2017), perempuan bernama asli Julia Rahmawati itu menjalani operasi untuk kesekian kali. Operasi kali ini dilakukan karena organ pencernaan Jupe lengket akibat radiasi yang dijalaninya dalam pengobatan kanker serviksnya. Seperti pencjelasan adiknya, Nia Anggia, ketika ditemui oleh Kompas.com di RSCM pada Kamis itu.

    “Jupe sekarang sedang operasi, minta doa dan support-nya dari semua teman-teman. Aku lagi mengurus Mbak Jupe,”ucap Nia.

     Untuk operasi tersebut, Jupe memerlukan darah A+. Demi membantu Jupe mendapat darah dari para donor,  sahabat Jupe, pembawa acara Ruben Onsu mengunggah foto formulir permintaan dropping darah dari RSCM. Di bawah foto itu, Ruben memberi keterangan.

    Dibutuhkan donor darah A+ kondisi badan harus fit, pendonor cewek tidak boleh yang sedang datang bulan,” tulis Ruben pada Rabu (7/6/2017).

     Ruben menerangkan pula bahwa darah tersebut dibutuhkan segera oleh pelantun “Belah Duren” dan pemain film “Gending Sriwijaya” itu. “URGENT, langsung datang aja ke PMI Senen, alamat : PMI Kramat Senen Jalan Kramat Raya no: 47, Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Jangan lupa tunjukin form ini pada saat di PMI (Julia Perez). Bantu broadcast,” tulis Ruben lagi.

     Setelah dioperasi, Jupe ditempatkan di ruang ICU. Karena itu keluarganya meninggalkan ruang 115 tempat Jupe selama ini dirawat. Hal itu diungkapkan oleh Nia melalui sebuah video yang diunggahnya di akun Instagram-nya, @anggitheperez, pada Kamis malam. Video  tersebut menunjukkan kamar tempat Jupe dirawat selama ini. Di dalamnya tampak ibu Jupe, Sri Wulansih, dan beberapa orang dekat Jupe yang lainnya.

     Sementara itu, barang-barang Jupe sudah dikemas dalam beberapa kantung plastik.

    “Hai, Mami. Sudah siap?” terdengar suara bertanya.

    Pada keterangan foto tersebut, Nia menjelaskan alasan keluarganya mengosongkan kamar itu.

    Sedih juga sih hampir 5bulan sudah kita menempati ruangan ini dalam suka dan duka menunggu kesembuhan kakak kami tercinta @juliaperrezz,” tulis Nia, yang berharap kakaknya tidak terlalu lama dirawat di ruang ICU.

    penyakit yang dideritanya.

    Jupe sempat menjelaskan, dirinya mengidap kanker stadium 2 dan harus menjalani operasi. Belakangan, ia meralat pernyataan itu jika dirinya mengidap kanker stadium 1B. Ia sempat menjalani kemoterapi, operasi, hingga radiasi di Singapura.

    Kabar bahagia sempat datang pada Januari 2015. Saat itu Jupe menjelaskan sembuh total dari kanker serviks. Dalam sebuah kesempatan, ia menggunduli rambutnya sebagai bentuk kepedulian terhadap penderita kanker. Ia kemudian aktif melakukan kampanye memerangi kanker.

    Kondisi kesehatan Jupe kembali bermasalah pada Juni 2016. Beberapa bulan kemudian, tepatnya Desember 2016 Jupe menjelaskan, kanker yang dideritanya sudah masuk stadium 4. Akibat besarnya biaya pengobatan, Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Bandung 2013 itu sempat dikabarkan bangkrut. Setelah beberapa bulan menjalani perawatan akibat kanker serviks stadium 4, kondisi Jupe makin menurun. Hal itu disampaikan Nia Anggia, adiknya.

    Bersama Ria Irawan dan suaminya, Jupe menunaikan ibadah umrah awal 2017. Ia berharap kondisinya makin membaik. Pulang umrah, kondisi Jupe tak menunjukkan perubahan. Apalagi, ia juga harus berurusan masalah hukum dengan Nikita Mirzani.

    Pada Februari 2017, Jupe mulai dirawat secara intensif di RSCM. Sejumlah selebriti berdatangan untuk mendoakan demi kesembuhan Jupe. Dukungan demi kesembuhan Jupe juga disampaikan para netizen. April 2017, kondisi Julia Perez kian memprihatinkan. Kondisi yang sama kembali terjadi pada awal Juni 2017 hingga menjalani operasi. Selamat jalan Julia Perez.