Jika Pengajuan Remisi Disetujui, Empat Napi Rutan Martapura Langsung Bebas

Royhan Al Faisal
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sebanyak 178 warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Rumah Tananan (Rutan) Cabang Martapura, Kabupaten OKU Timur diajukan untuk mendapat remisi keamagaan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Pengajuan tersebut dikitimkan kepada Kakanwil, Sumatera Selatan dan Kementrian Hukum dan HAM RI.

“Dari 178 warga binaan yang diajukan mendapat remisi tersebut, ada empat orang warga binaan kita yang mendapatkan Rk2 atau remisi langsung bebas pada perayaan kegamanan Idul Fitri nanti sesuai dengan syarat ketentuan serta aturan hukum yang berlaku,”ungkap Kepala Cabang (Kacab) Rumah Tahanan (Rutan) Martapura Royhan Al Faisal Senin (19/6/2017).

Royhan Merinci, dari 178 warfga binaan yang diajukan remisi tersebut terdiri dari 148 Kasus kriminal umum dan 30 kasus Narkotika. 178 warga binaan yang diajukan untuk mendapatkan remisi tersebut kata dia sesuai dengan Kepres Nomor 174 tahun 1999 di undang-undang nomor 12 tahun 95 tentang pemasyarakatan pasal 14i untuk mendapatkan masa pengurangan atau remisi.

“Sedangkan untuk kasus pidana narkoba sesuai dengan PP 28 tahun 2006 tentang syarat dan tata cara pelaksana hak warga binaan dan PP 99 tahun 2012. Dengan adanya pemberian remisi keagamaan tersebut harapan kita dapat mengurangi over kapasitas,” katanya.

Selain itu kata dia, yang terpenting adalah harapan agar semua warga binaan yang sudah selesai menjalani hukuman agar bisa berbaur kembali dengan masyarakat dan menjadi warga yang baik melindungi, mengayomi dan menjadi contoh bagi warga lainnya.

Sumber: Sriwijaya Post