Gelar Kegiatan Pesantren Kilat, WBP Diharapkan Miliki Karakter Lebih Baik

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Guna memberikan perubahan dalam karakter kepribadian diri para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar lebih baik dari sebelumnya, Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Martapura, Selasa (20/6/2017) menggelar kegiatan pesantren kilat yang berlangsung di masjid Al taubah dengan diikuti 32 WBP yang terdiri dari block A dan Block B.

“Dengan segala keterbatasan yang ada, kita melaksanakan pesantren kilat ini sejak awal puasa sampai saat ini dan setiap harinya kegiatan ini diikuti oleh 32 WBP tanpa adanya paksaan,” ungkap Kepala Cabang Rutan Martapura Royhan Al Faisal ketika dikonfirmasi saat berlangsungnya kegiatan.

Di bulan yang penuh berkah ini, lanjut Royhan, pihaknya telah melaksanakan beberapa kegiatan keagamaan mulai dari membiasakan sholat lima waktu berjamaah, sholat tarawih berjamah, serta tadarusan antar WBP dengan menentukan target dapat hatam Al-quran dalam kurun waktu 30 hari.

“Dibulan ramadhan ini, para WBP sudah dua kali Hatam Al’Quran, serta melaksanakan kuntum yang akan dilakanan sebelum sholat Tarawih. Selain itu, nantinya apabila WBP akan memasuki Pembebasan Bersyarat (PB) harus lulus ujian penghapalan tujuh surat ayat pendek terlebih dahulu,” jelasnya.

Kedepan pihaknya berharap, WBP yang mengikuti kegiatan pesantren kilat ini dapat mengalami perubahan karakter lebih baik dari sebelumnya dan setelah keluar dari rutan nantinya dapat melakukan hal kebaikan ditengah lingkungan masyarakat.

“kita akan mencanang program pesantren didalam penjara. Ini sesuai dengan visi dan misi sepuluh prinsip pemasyarakat yang salah satunya dalam poin kedua menyebutkan penjatuhan pidana bukan tindakan balas dendam negara dan poin keempat negara tidak akan membuat WBP lebih buruk atau lebih jahat setelah di dalam penjara,” tegasnya.