Sanusi Garap ‘Home Industry’ Senpira Berkedok Bengkel Motor

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Jajaran anggota Tim Gabungan Polres OKU Timur berhasil membongkar home industry pembuat senjata api rakitan di Dusun Sukajaya, Desa Muncak Kabau Kecamatan BP Bangsa Raja, kemarin (3/7/2017) sekitar pukul 17.00 Wib. Hasilnya, anggota berhasil meringkus satu pelaku pemilik usaha beserta puluhan alat produksi yang ditemukan dilokasi.

Diketahui, Sanusi (45) selaku pemilik ‘Home Industry’ pembuat Senpira saat dibincangi Selasa (4/7/2017) mengaku baru tiga bulan terakhir menjalankan usahanya dengan berkedok usaha bengkel motor. Selain itu, dirinya juga sebelumnya pernah terpenjara selama satu tahun enam bulan atas kasus 365 KUHP pada tahun 2003 silam.

“Kurang lebih saya buat senpi rakitan ini baru tiga bulan dan sudah sepuluh senpi yang saya jual. Salah satu pembelinya Hen Bahru yang meninggal belum lama ini,” ungkapnya.

Pria yang memiliki empat orang anak ini juga mengaku sebagian besar bahan-bahan untuk membuat senpi didapatnya dari besi bekas yang diperjualbelikan perkilo ditempat pengepul rongsokan.

“Bahannya saya beli ditempat rongsokan, seperti pen saher, per mobil, plat besi, AS Keong. Sebelumnya saya belajar keahlian ini dari teman, untuk pengerjaan satu pucuk Senpi butuh waktu lebih kurang empat hari dan biasa saya jual kisaran harga Rp 700 hingga Rp 1 juta rupiah,” imbuhnya.