Pelajar Ini Nyaris Tewas Dihajar Massa Usai Mencuri Motor

Tersangka yang berhasil ditangkap massa setelah mencuri sepeda motor. Tersangka selamat setelah polisi membawanya ke kantor Polsek Belitang

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Nasib naas dialamai Dedi Irawan (16) warga asal Desa Jatisari Kecamatan Madangsuku I Kabupaten OKU Timur yang nyaris tewas akibat dihakimi massa yang berhasil menangkapnya ketika sedang berusaha melarikan motor curian jenis Beijing Rabu (5/7/2017) sekitar pukul 20.30. WIB. Milik korbannya Hariyanto yang berusaha diambil Dedi ketika sedang terparkir di halaman rumanya.

Dedi berhasil ditangkap korbannya dan massa di Desa Sumber Suko Kecamatan  Belitang OKU Timur. Dari tangan tersangka Dedi polisi berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) berupa satu unit Sepeda  Motor merk Beijing, satu buah tas sandang kulit warna coklat, dan satu  bilah pisau merk columbia.

Dedi berhasil selamat setelah anggota Polisi dari sektor Belitang mendatangi Lokasi Kejadian Perkara (TKP) dan membawanya ke kantor polisi sebelum massa melakukan tindakan anarkis karena emosi akibat kelakuan remaja yang masih berstatus sebegai pelajar tersebut.

Berdasarkan informasi Kamis (6/7/2017) aksi massa yang menghakimi Dedi tersebut berawal ketika korban Hariyanto memarkirkan sepeda motor jenis Beijing di depan rumahnya sekitar pukul 20.15. WIB dengan kondisi kunci sepeda motor masih tergantung.

Pelaku Dedi yang diduga mencari kesempatan untuk mengambil motor korban kemudian mengambil motor korban dan langsung mendorongnya hingga pinggir jalan dan berusaha menghidupkannya.

Hariyanto yang mengetahui sepeda motornya sudah tidak berada dilokasi langsung mencari bantuan warga sekitar untuk melakukan pengejaran. Warga yang emosi mengetahui kejadian tersebut kemudian langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap pelajar yang melakukan tindakan pencurian sepeda motor tersebut sekitar satu kilometer dari rumah Hariyanto.

Warga yang emosi kemudian langsung menghakimi pelaku hingga babak belur. Pelaku berhasil selamat dari amukan massa setelah anggota kepolisian sektor Belitang datang kelokasi kejadian dan membawa pelaku ke kantor polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pelaku langsung kita amankan agar tidak menjadi bulan-bulanan massa yang emosi karena tindakan pelaku yang melakuakan pencurian sepeda motor tersebut. Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolsek Belitang untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji didampingi Kasubag Humas AKP Hardan ketika dikonfirmasi.

Menurut Hardan, polisi saat ini sedang melakukan pemerisaan lebih lanjut kemungkinan adanya tindakan kriminal lain yang pernah dilakujkan tersangka karena dugaan sementara pelaku merupakan spesialis pencuri sepeda motor yang kerap beraksi dan meresahjkan warga.