Diduga Lakukan Penipuan Terhadap Mahasiswanya, Dosen Ini Berhasil Diringkus Satreskrim Polres OKUT

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres OKU Timur, Jumat (7/7/2017) lalu sekitar pukul 13.00 Wib, barhasil meringkus satu wanita berinisial FZ (42) warga Desa Simpang, Kecamatan Simpang Martapura, Kabupaten OKU Selatan yang diketahui berprofesi sebagai salah satu dosen Fakultas Teknik di salah satu Universitas swasta di Baturaja. Hal itu diungkapkan Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji melalui Kasat Reskrim AKP Faisal P Manalu didampingi Kanit Pidum Novihildan, saat dikonfirmasi Selasa (11/7/2017).

Kasat menjelaskan, anggota terpaksa meringkus tersangka FZ di kampusnya setelah sebelumnya yang bersangkutan mangkir dari dua surat panggilan yang diberikan. Tersangka FZ sendiri diduga melakukan penipuan terhadap korban yang tidak lain merupakan mahasiswanya berinisial AS warga Kecamatan BP Peliung, Kabupaten OKU Timur pada bulan Oktober 2016 lalu.

Modus yang digunakan tersangka FZ yakni dengan meminjam uang senilai Rp. 25 juta dengan jaminan satu unit mobil Avanza sekaligus berjanji dirinya akan kembalikan uang tersebut nantinya senilai Rp. 30 juta pada Februari 2017. Belum genap satu bulan pasca peminjaman uang tersebut, tersangka FZ datang kembali ke korban AS dengan tujuan menukarkan jaminan mobil sebelumnya dengan mobil yang lain dan kejadian tersebut terjadi selama empat kali.

“Sebelum tersangka ditangkap, kita sudah berikan dua kali surat panggilan kepada yang bersangkutan. Namun panggilan tersebut tidak di indahkan, terpaksa kita jemput di Kampus Jumat 7 Juli 2017,” terangnya.

ā€ˇTerakhir dosen itu menukarkan jaminan mobil jenis Xenia kepada korbannya. Korban yang tidak curiga kemudian membawa mobil tersebut ke kampusnya dan nongkrong di kostan rekannya. Ketika sedang asik nongkrong sambil menunggu jam kuliah, korban didatangi beberapa orang yang mengaku dari leasing.

Setelah saling berdebat dan menunjukkan bukti masing-masing, akhirnya mahasiswa tersebut memutuskan untuk menyerahkan mobil yang dijaminkan dosennya tersebut karena ternyata terbukti mobil jaminan itu dirental oleh dosennya untuk mengelabui mahasiswanya tersebut.

“Kemudian korban menemui dosennya dan akhirnya mereka membuat surat perjanjian. Dosen tersebut berjanji akan mengembalikan uang pinjaman tersebut sekitar bulan Februari 2017,” lanjutnya.

Namun karena pelaku tak kunjung mengembalikan uang pinjaman hingga batas waktu yang ditentukan akhirnya korban melaporkan dugaan penipuan tersebut kepada Mapolres OKU Timur. Polisi yang menerima laporan kemudian langsung melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan melayangkan surat panggilan kepada dosen tersebut.

“Saat ini tersangka sudah kita tahan dan sedang menjalani proses hukum,” imbuhnya.