manfaat minum air hangat di pagi hari
loading...

KABAROKUTIMUR.COM – Secangkir kopi panas setelah bangun tidur membuat banyak orang menjadi lebih bersemangat di pagi hari. Kopi panas juga sangat nikmat untuk dikonsumsi di malam hari. Di sisi lain, sebagian orang lebih suka mengkonsumsi kopi dalam keadaan dingin di siang hari.

Well, melihat kondisi berbeda ini, apakah kamu pernah mencari tahu air seperti apa yang cocok digunakan untuk pagi hari dan siang hari ?

Beberapa studi menunjukkan kalau meminum air hangat dalam kondisi perut kosong memberikan banyak manfaat bagi tubuh, melansir boldsky.com. Meminum air hangat di pagi hari bisa meningkatkan produktifitas kita hingga maksimal. Sebetulnya, nutrisi air hangat tidak akan menunjukkan perbedaan yang signifikan dari air dingin ataupun air biasa. Namun air akan memnunjukkan mineral pentingnya dalam kondisi tertentu jika dikombinasikan dengan bahan tertentu.

Banyak obat alami yang lebih bermanfaat jika dikombinasikan dengan air panas di pagi hari. Kali ini melansir laman boldsky.com, tim TribunStyle.com akan bagikan alasan-alasan yang perlu kamu pertimbangkan untuk memilih air panas atau dingin.

Manfaat air panas:

  1. Meringankan Rasa Sakit

Minum air hangat memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan juga membantu dalam memberikan bantuan sementara. Ini sangat baik untuk tenggorokan gatel dan kering.

Hal ini sangat berguna di pagi hari saat kamu terbangun dengan tenggorokan kering.

  1. Memperbaiki Gerakan Usus

Minum segelas air hangat pada perut kosong adalah cara yang baik untuk merangsang usus besar untuk lebih mudah buang air besar usus. Tak hanya itu, air panas juga mengatur tubuh untuk penyerapan makanan yang lebih baik di siang hari.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minum air hangat meningkatkan aliran darah dalam sistem peredaran darah. Telah terbukti dalam beberapa penelitian bahwa ketika tubuh terkena suhu tinggi, aliran sel darah meningkat secara signifikan.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Mengkonsumsi air hangat diketahui menjadi yang terbaik bila harus membantu proses penurunan berat badan.

Minum air hangat meningkatkan penurunan nafsu makan, berat badan dan indeks massa tubuh.

Mengapa Minum Air Dingin Buruk Bagi Tubuh:

  1. Mengurangi Hidrasi

Minum air dingin diketahui menyempitkan pembuluh darah dan ini akan menyebabkan pengurangan hidrasi.

Tidak cukup minum air putih bisa menimbulkan beberapa masalah.

  1. Menghambat Pencernaan

Minum air dingin membuat sangat sulit bagi tubuh untuk mencerna makanan.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa, cairan dingin memadatkan lemak dalam aliran darah.

Jadi, jika kamu bertanya-tanya ‘apakah air dingin itu baik untuk kesehatan’, kamu mungkin bisa mendapatkan jawabannya dari sini.

  1. Pemanasan Tubuh

Ya, ini mungkin tampak aneh, tapi memang benar. Tubuh mengeluarkan lebih banyak energi saat kamu meminum air dingin untuk memanaskannya dan menggunakannya sesuai suhu tubuh.

  1. Memicu kelebihan lendir

Air dingin diketahui memicu munculnya lendir berlebih pada sistem pernafasan. Hal ini menyebabkan kemacetan dan juga menimbulkan risiko infeksi tenggorokan.

Oleh karena itu, titik-titik ini menunjukkan bahwa selalu lebih baik mencari air panas dan hindari minum air dingin secara teratur.

Baca Juga : 7 Cara Senyum Saat Foto Agar Terlihat Tulus, Biar Nggak Kaku dan Hasilnya Bagus

Baca Juga: Di Balik Hitamnya Kopi, Ternyata Punya Segudang Manfaat Buat Para Cewek. Apa Saja ?

Baca Juga : Ini Dia Kode Pos dan Daftar Kelurahan/Desa Disetiap Kecamatan di Kabupaten OKU Timur