Foto Istimewa/// Teks foto: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (kedua dari kanan) dan Mendikbud Muhadjir Effendy (kedua dari kiri) mengadiri acara Penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2017, di Bengkulu, Jumat (14/7).

KABAROKUTIMUR.COM | NASIONAL – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri acara penganugerahan guru dan tenaga kependidikan di Bengkulu. Dalam orasi kebangsaannya, Zulkifli mengatakan bahwa pendidikan berkualitas dimulai dengan meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga pengajar.

“Pendahulu sudah meletakkan dasar sistem pendidikan Indonesia, mulai dari metode, kurikulum, sampai anggaran 20 persen untuk pendidikan,” kata dia seperti dikutip kabarokutimur.com dari laman Republika.co.id, Jumat (14/7/2017).

 Dia sendiri merupakan lulusan pendidikan guru sehingga sedikit banyak memahami pentingnya kiprah guru. Politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut berharap dalam menghadapi persaingan bebas di era globalisasi ini, guru ikut menanamkan nilai-nilai kebangsaan untuk membentuk karakter bangsa.

“Pendidikan akan mewarnai alam pemikiran dan pada akhirnya akan membentuk pola pikir seluruh anak bangsa, tentang bagaimana ia melihat bangsa dan masa depannya,” ujar Zulkifli.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy yang juga hadir dalam acara tersebut mengapresiasi Zulkifli atas perhatiannya kepada dunia penddikan nasional terutama kepada guru-guru. Menurut Muhadjir, pendidikan nasional akan maju jika seluruh elemen masyarakat menyadari pentingnya pendiidkan yang berkualitas.

 “Berkualitas tidak perlu mahal. Pendidikan yang baik yang bisa menjangkau seluruh rakyat Indonesia, itu yang sedang diupayakan pemerintah,” kata dia.