Tiga Tahun Buron, Pelaku Curas Ini Tak Berkutik saat Dibekuk Tim Shadow Polres OKUT

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Setelah hampir tiga tahun lamanya buron, Suyanto (30) warga Desa Sungai Brumbun, Kecamatan Sungai gelam, Kabupaten Muara Jambi, Provinsi Jambi, akhirnya berhasil dibekuk anggota Tim Shadow Walet (SW) Satreskrim Polres OKU Timur, Kamis (27/7/2017) sekitar pukul 00.30 Wib.

Berdasarkan laporan pihak kepolisian yang tertuang dalam LP-B/39/VIII/2014/Sumsel/Okut/BLT I tanggal 5 Agustus 2014, tersangka Suyanto diketahui merupakan salah satu dari tiga pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang sebelumnya pada 3 Agustus 2014 silam sekitar pukul 03.00 Wib dinihari, berhasil melancarkan aksinya di rumah korban Ponadi (50) warga Desa Pujo Rahayu, Kecamatan Belitang I, Kabupaten OKU Timur.

Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji melalui Kabag Humas AKP Hardan didampingi Kasat Reskrim AKP Faisal P Manalu, saat dikonfirmasi Kamis (27/7/2017) mengungkapkan, diketahui pada saat kejadian para pelaku berhasil masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel pintu bagian depan menggunakan kapak. Setelah berhasil masuk ke dalam rumah, para pelaku sempat mengancam dan melukai korban yang disaat itu memergokinya.

“Disaat itu, salah satu pelaku sempat mengacungkan pisau ke arah korban dan mengayunkan kapak ke bagian kepala korban. Akibatnya, korban mengalami luka dan kerugian materi sebesar Rp. 5.700.000,” ungkapnya.

Lanjut Hardan, keberhasilan Tim SW Polres OKU Timur membekuk tersangka Suyanto yang sudah tiga tahun menjadi DPO ini merupakan hasil pengembangan dari tersangka Syahri bin Solikin yang sebelumnya pada 17 Juli 2017 lalu berhasil ditangkap di wilayah Provinsi Lampung. Saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap satu tersangka lainnya yang sejauh ini identitasnya sudah diketahui.

“Hasil pengembangan, tersangka Suyanto berhasil kita bekuk di kediamannya yang terletak di Provinsi Jambi, saat sedang menonton televisi. Dari tangan tersangka, kita berhasil menemukan sejumlah barang bukti berupa satu buah kapak gagang kayu dengan panjang 80 cm dan satu kaos warna abu-abu merk Sky Way,” lanjutnya.

Guna menanggung perbuatannya, para pelaku Curas ini terjerat pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan dan terancam hukuman tujuh tahun penjara.