KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Musibah kebakaran terjadi di Desa Sukanegeri, Kecamatan Semendawai Barat, Kabupaten OKU Timur, Kamis (27/7/2017) sekitar pukul 01.30 dinihari. Dalam musibah tersebut, sedikitnya api menghanguskan dua unit rumah masing-masing milik Saad Husin (72), dan Mursal (50) yang diketahui keduanya merupakan warga setempat.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut, namun diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah mengingat tak ada satupun harta korban yang berhasil diselamatkan.

Belum diketahui pasti dari mana asal api yang menyebabkan dua rumah panggung tersebut terbakar. Dugaan sementara api berasal dari korsleting arus pendek listrik yang langsung membakar kedua rumah korban yang hampir seluruhnya terbuat dari kayu.

Menurut penuturan kedua korban, akibat bencana kebakaran tersebut kerugian yang dialami korban Saad diperkirakan mencapai Rp. 400 Juta, mengingat perhiasan emas sebanyak 19, 5 suku, uang tunai Rp. 25 juta, padi sebanyak 33 karung serta seluruh isi rumah tidak ada satu pun yang berhasil diselamatkan.

Sedangkan untuk kerugian dari korban Mursal berkisar Rp. 250 Juta, karena dua unit sepeda motor, uang tunai sebesar Rp. 2 Juta, empat kubik kayu bangunan, serta seluruh perlengkapan rumah tidak ada yang berhasil diselamatkan.

Sementara, saat dikonfirmasi Jumat (28/7/2017) Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji melalui Kasubag Humas AKP Hardan membenarkan adanya bencana kebakaran tersebut. Menurut hasil pemeriksaan pihak kepolisian, bencana kebakaran tersebut diduga kuat berasal dari konseleting arus listrik di bagian dapur rumah milik korban Saad.

“Api yang membesar dengan cepat langsung menyebar ke rumah korban Mursal yang berjarak sekitar tiga meter. Mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk mengingat lokasi terbakarnya dua rumah berada didalam lorong sejauh 150 meter dari Jalan Raya. Sehingga pemadaman api hanya dilakukan secara manual oleh warga sekitar dengan manfaatkan peralatan manual seperti menggunakan ember dan peralatan alat seadanya,” katanya.