KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Dalam upaya meningkatkan jumlah dan partisipasi mata pilih masyarakat pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan di tahun 2018 yang akan datang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur, Jum’at (4/8/2017), melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Adapun dilaksanakannya Rakor pemutakhiran tersebut ditujukan untuk mengetahui jumlah keseluruhan mata pilih yang sudah dimutakhirkan dari jumlah sebelumnya yang dipergunakan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dua tahun lalu.

Dalam pelaksanaan rakor tersebut turut hadir Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sutikman, perwakilan anggota DPRD OKUT Djunaidi Majid, Siti Nursila dan seluruh komisioner serta staff sekretariat KPU Kabupaten OKU Timur.

Saat dikonfirmasi usai pelaksanaan rakor, Ketua KPU OKU Timur, H Leo Budi Rachmadi SE mengatakan, setiap tahunnya diketahui jumlah penduduk di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan ini terbilang fluktuatif. Oleh karena itu, kata Leo, agar nantinya tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka perlu dilakukannya pemutakhiran data pemilih lanjutan.

Selain itu, lanjut Leo, jika pada Pilbub dan Pilwabub beberapa tahun lalu pemilih pemula belum terdaftar maka pada saat Pilgub mendatang, kemungkinan mereka sudah terdaftar dan bisa ikut serta melakukan pencoblosan.

“Oleh karenanya, rapat koordinasi mengenai pemutakhiran data pemilih ini sangatlah perlu dilakukan, mengingat mata pilih di Kabupaten OKU Timur cukup besar. Dengan dilakukannya rakor ini, kita harapkan nantinya dapat meningkatkan kualitas dan jumlah pemilih dari sebelumnya, khususnya untuk kesuksesan pelaksanaan Pilgub Sumsel mendatang,” harapnya.