Kholid Tekankan Ratusan JCH Untuk Senantiasa Menjaga Kesehatan

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Memasuki pertengahan tahun 2017 bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji yang disertai dengan kondisi cuaca cukup ekstrim membuat jamaah haji rentan mengalami sakit yang tentunya bisa mengurangi kenikmatan dalam menjalankan ibadah haji. Namun hal itu pastinya dapat diminimalisir dengan cara memperhatikan jenis makanan dan minuman sebelum dikonsumsi.

Hal itu diungkapkan langsung Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam acara pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) OKUT di balai rakyat, Kamis (10/8/2017).

“Kalau sehat nantinya para jamaah haji dapat menjalankan ibadah dengan penuh kenikmatan. Jika sebaliknya, misalnya jamaah haji mengalami sakit maka hanya bisa mendengar nikmatnya menjalankan ibadah dari cerita jamaah lainnya saja. Maka dari itu, saya berharap para jamaah dapat senantiasa menjaga kesehatan sehingga bisa melaksanakan ibadah haji dengan maksimal,” ungkapnya.

Menurutnya, kata Kholid, seperti kondisi cuaca saat ini yang cukup panas, maka kesehatan merupakan suatu hal yang wajib dijaga. Dirinya mencontohkan salah satu jenis penyakit yang kemungkinan dialami jamaah ditengah cuaca seperti ini yakni seperti bibir pecah-pecah atau panas dalam yang dapat membuat jamaah sulit untuk makan.

“Kalau jamaah nantinya mengalami bibir pecah atau panas dalam, paksakan saja untuk makan. Karena jika tidak, maka nantinya dapat menimbulkan sakit yang lainnya yang berimbas pada kurang maksimalnya pelaksanaan ibadah haji,” terangnya.

Selama pelaksanaan haji nantinya, tak lupa Kholid juga mengingatkan bagi para jamaah untuk mengurangi mengkonsumi makanan yang memiliki rasa asam dan terlalu pedas, karena hal itu juga dapat memicu menurunnya tingkat kesehatan tubuh.

Jamaah Calon Haji kabupaten OKU Timur tahun 2017 berjumlah 796 jamaah yang terbagi dalamn tiga kloter berdasarkan jadwal akan diberangkatkan pada 17 Agustus mendatang sekitar pukul 21.00 Wib dari OKU Timur menuju asrama haji Kota Palembang.