KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) sekaligus sebagai peringatan hari kemerdekaan negara Republik Indonesia (RI) ke – 72, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melepas ribuan peserta Gerak Jalan di Lapangan Tani Merdeka, Kecamatan Martapura, Selasa (15/8/2017).

Kegiatan perlombaan Gerak Jalan yang dimulai sejak pukul 07.30 Wib ini mengambil garis start awal di Lapangan Tani Merdeka dan berakhir dengan garis finish di depan Kantor Dinas Sosial.

Adapun ribuan peserta yang ikut serta dalam perlombaan kali ini terdiri dari 17 regu peserta umum, 76 regu tingkat Sekolah Dasar (SD), 27 regu tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 40 regu tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), sehingga total sebanyak 160 regu. Gerak jalan yang dimulai pada pukul 07.30 WIB ini mengambil garis start dari Lapangan Tani Merdeka dan berakhir (finish) di Depan Kantor Dinas Sosial.

Dalam sambutannya, Kholid mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang mendidik dan melatih karakter para pelajar dan masyarakat untuk cinta kepada bangsa dan negara.

“Pelajar sebagai generasi pemegang tahta kekuasaan dan calon pemimpin bangsa mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menentukan masa depan dan arah bangsa,” katanya.

Lebih lanjut Kholid mengatakan, ajang ini sebagai wujud untuk membentuk karakter anak didik.

“Kalau mereka tahu baris-berbaris pasti mereka tahu tata tertib. Hal inilah yang diinginkan oleh Bapak Presiden RI, olehnya itu gerak jalan yang dilakukan para pelajar tiada lain untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme yang ditanamkan dari sejak kecil sampai dia besar dan menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” jelasnya.