Kholid: Pelajar Merupakan Generasi Pemegang Tahta Kekuasaan Dan Calon Pemimpin

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat mengangkat bendera Start dalam perlombaan gerak jalan dalam rangka peringatan HUT RI ke-72
loading...

RIBUAN peserta gerak jalan yang berasal seluruh sekolah maupun masyarakat umum memadati ruas jalan Mardeka, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur Selasa (15/8/2017) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-72 tahun 2017 yang akan jatuh pada hari Kamis (17/8/2017) mendatang.

Perlombaan gerak jalan tersebut dibuka dan diikuti langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Ketua TP PKK, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepala Dinas Pendidikan, Camat, serta sejumlah Kepala Sekolah, kepala UPTD dan ribuan siswa yang ikut dalam perlombaan tersebut.

Lomba gerak jalan tersebut diikuti oleh peserta umum sebanyak 17 regu, peserta yang berasal dari Sekolah Dasar (SD) sebanyak 76 regu, Sekolah  Menengah Pertama (SMP) sebanyak 27 regu,  Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 40 regu. Adapun total regu yang ikut serta dalam gerak jalan tersebut berjumlah 160 regu.

Bupati OKU Timur didampingi kepala dinas dan camat saat menyapa peserta gerak jalan dalam rangka Peringatan HUT RI ke-72
Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat memberikan pengarahan kepada para peserta lomba gerak jalan dalam rangka menyambut HUT RI ke-72

Gerak jalan yang dimulai dari start ruas jalan Taman Tani Mardeka (TTM) dan finish di depan kantor Dinas Sosial tersebut diikuti dengan gembira oleh ribuan peserta yang hadir. Dengan penuh semangat, para peserta terlihat antusias mengukuti perlombaan. Terlebih dalam perlombaan tersebut Bupati OKU Timur beserta rombongan ikut serta berjalan dan tanpa terlihat sedikitpun rasa lelah.

Menurut Bupati OKU Timur, HM Kholid MD, gerak jalan tersebut digelar selain untuk menyehatkan tubuh, juga dalam rangka memberikan pendidikan kepada para siswa yang ikut untuk mendidik, serta melatih karakter pelajar maupun masyarakat untuk cinta kepada bangsa dan negara.

Sebagai generasi pemegang tahta kekuasaan dan calon pemimpin bangsa, pelajar memiliki peranan yang sangat penting dan strategis demi kemajuan Indonesia kedepan. Para pelajar ini juga sangat menentukan bagaimana bangsa ini yang akan datang,” kata Kholid.

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari generasi muda negara tersebut. Jika sebuah negara memiliki generasi muda yang sehat, cerdas maka, negera tersebut akan menjadi sebuah negara yang maju dan berbudaya karena tonggak dari sebuah negara adalah pelajar dan generasi muda.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat berinteraksi dengan para peserta gerak jalan HUT RI ke-72

“Lomba gerak jalan ini digelar juga untuk membentuk karakter anak didik. Karena siswa yang mengetahui tentang baris-berbaris maka mereka akan mengetahui dan memahami tata tertib. Dan hal inilah yang diinginkan oleh Presiden RI bapak Joko Widodo,” katanya.

Selain itu kata dia, gerak jalan tersebut juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme yang ditanamkan sejak kecil hingga dewasa menjadi pemimpin bangsa yang akan datang yang akan menentukan kemajuan bangsa Indonesia. (adv).