KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 72, Bupati OKU Timur HM Kholid MD menjadi Inspektur Upacara Bendera yang berlangsung di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur, Kamis (17/8/2017).

Ratusan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Hansip, KORPRI, PNS, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar, PMR dan Pramuka. Ratusan undangan juga terlihat antara lain Pimpinan Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Para Veteran, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat di wilayah Kabupaten OKU Timur. Diluar lapangan alun-alun juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara ini dengan tertib.

Bupati OKU Timur sebagai Inspektur Upacara memimpin peringatan detik-detik Proklamasi dengan membaca Naskah Proklamasi. Dalam kata sambutannya Kholid Mawardi mengajak agar sebagai warga bangsa terus menjunjung komitmen dan senantiasa melaksanakan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

“Kita wajib selalu meningkatkan daya juang untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dalam mewujudkan masyarakat yang semakin sejehtera serta berdikari,” katanya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa tugas berat mengisi kemerdekaan adalah mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa, dan bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri tanpa harus bergantung pada negara lain.

“Maka menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus untuk dapat mengukir sejarah baru yang terus berubah maju, tanpa harus mengorbankan harga diri dan jati diri” kata Bupati.

Menurut Kholid, jika tantangan pada masa penjajahan adalah merebut kemerdekaannya dengan musuh yang terlihat, maka berbeda dengan musuh saat ini.

“Saat ini kita berhadapan dengan tekhnologi. Untuk itu kita ditantang untuk menguasainya agar mengetahui perkembangan-perkembangan dunia dan kemajuan dan apa yang dibutuhkan oleh negara,” kata Kholid.

Seusai upacara peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2017, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Jurai Komering dengan Inspektur Upacara, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU Timur Suhartoyo, SH, M.Hum. Dilanjutkan dengan pemberian remisi untuk 6 Narapidana di Rumah Tahanan Martapura.

Sedangkan untuk upacara penurunan bendera peringatan 17 Agustus 2017, pada sore harinya pukul 16.30 WIB yang menjadi Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati, Fery Antoni, SE.