Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat baru tiba di pasar tani di Taman Tani Mardeka.

PENGOLAHAN yang maksimal dari berbagai sektor pertanian di Kabupaten OKU Timur dengan hasil yang maksimal menjadikan OKU Timur layak untuk menjadi salah satu daerah sebagai produsen produk pertanian. Baik produsen dalam bidang bertani seperti peralatan pertanian, mulai dari pupuk, hingga peralatan lainnya maupun produsen hasil pertanian berupa produk-produk unggulan.

Bupati OKU Timur, HM Kholid MD saat membuka Pasar Tani, dalam rangka memperingati dan memeriahkan peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017 di Taman Tani Merdeka (TTM), Jumat (18/8/2017) mengatakan, kekayaan OKU Timur akan sumberdaya pertanian seperti perkebunan dan peternakan merupakan aset yang sangat berharga dan akan menjadi ikon serta daya tarik serta sumber penghasilan masyarakat jika benar-benar dikelola dan diolah secara maksimal.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menjelaskan hasil pertanian OKU Timur saat dijajakan di pasar tani di Taman Tani Mardeka

“Adanya pasar tani ini sebagai bentuk dan upaya pemerintah serta petani dalam memperkenalkan produk-produk hasil pertanian dan peralatan pertanian yang ada baik dengan masyarakat OKU Timur sendiri maupun dengan pengunjung yang berasal dari luar daerah OKU Timur,” katanya.

Dikatakan Kholid, dengan adanya pasar tani tersebut, masyarakat dapat melihat secara langsung sejumlah produk pertanian yang bisa dimanfaatkan dan meningkatkan hasil pertanian yang ada di OKU Timur.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat berinteraksi dengan petani yang membawa hasil pertaniannya untuk dijual di pasar tani

“Seperti contoh pupuk organik dan pupuk untuk menyuburkan dan buah tanaman lainnya. Petani OKU Timur sudah berhasil menciptakannya dengan hasil pertanian yang juga dibawa sebagai contoh. Hal itu tentunya bisa dijadikan sebagai patokan bagi masyarakat bahwa OKU Timur sudah mampu menghasilkan berbagai keunggulan hasil pertanian,” katanya.

OKU Timur kata Kholid mampu menghasilkan cukup banyak produk pangan olahan pertanian yang merupakan ciri khas dan memiliki keaslian daerah OKU Timur yang tentunya akan mampu menunjang perekonomian masyarakat.

Bupati OKU Timur dan Ketua TP PKK Hj Rusmiyati Kholid saat melihat hasil olahan pertanian OKU Timur

Sementara Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Ruzuan Efendi mengatakan Pasar Tani rencananya kedepan akan dilaksanakan secara rutin, baik dalam bentuk pameran maupun dengan membangun stand-stand disejumlah titik keramaian.

“Bulan depan mudah-mudahan sudah terealisasi. Banyak sekali produk pertanian yang dapat dan sudah kita hasilkan, mulai dari hulu sampai hilir dan sarana prasarana pendukung lainnya. Bahkan untuk produk kuliner sudah bisa kita penuhi dari hasil bumi OKU Timur,” jelasnya. (adv).