Ini Dia Kepala Dinas OKU Timur yang Sukses Dapat Penghargaan Dari Tiga Presiden

Ir H KP Tubagus Sunarseno MSi (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang OKU Timur bersama istri usai menerima penghargaan.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM – Nama Ir H KP Tubagus Sunarseno MSi bagi petani di kabupaten OKU Timur dan petani lain di Sumsel sudah tidak asing lagi. bapak tiga anak ini sudah berkiprah dibidang pertanian dan perkebunan sejak tahun 1981 sebagai penyuluh pertanian di Kabupaten OKU sebelum ada pemekaran OKU Timur. Sesuai dengan kemampuannya, ilmu pertanian Tubagus sudah didapat sejak dirinya melanjutkan pendidikan di SPP-SPMA Negeri Sembawa yang lulus tahun 1981.

Kecintaannya terhadap pertanian berdasarkan dorongan orang tua mengingat potensi pertanian di Sumsel cukup besar. Sepanjang karirnya, suami dari KMA Dra Hj Tasmini MM ini lebih banyak bergelut dibidang pertanian dan terjun langsung bersama petani untuk memajukan dunia pertanian Sumsel. Terbukti, sejak dirinya dipercaya sebagai Kepala Dinas Tanaman dan Hortikultura OKU Timur dari Juli 2006 hingga Agustus 2015, beragam penghargaan diperolehnya baik dari Pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat yang diberikan oleh Menteri Pertanian dan Presiden.

Penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya XXX tahun pada Peringatan HUT RI ke-72 kemarin ini juga pernah mendapatkan penghargaan dari tiga Presiden sekaligus yaitu dari Presiden Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono maupun dari Presiden Joko Widodo.

Sukses dalam berbagai prestasi dan penghargaan yang didapat, selanjutnya Tubagus yang juga mendapat gelar kehormatan Kanjeng Pangeran dari Kesultanan Surakarta pada tahun 2012 ini dipercaya Bupati OKU Timur untuk menjabat sebagai Asisten Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda OKU Timur sejak November 2016 hingga Mei 2017. Selanjutnya, sejak 17 Mei 2017 hingga  saat ini, Tubagus dipercaya sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang OKU Timur.

Diakui Tubagus, banyak suka dan duka yang didapat selama menjalankan pengabdiannya sebagai penyuluh pertanian, dimana dirinya merasakan langsung bagaimana pahitnya tinggal didaerah pedalaman yang serba kekurangan, tidak ada penerangan hingga akses jalan yang terbatas atau terisolir.

“Memang ada rasa tidak betah saat menjalankan tugas sebagai penyuluh pertanian. Namun dengan niat pengabdian dan tekad untuk bekerja semua rintangan mampu dihadapi. Sementara untuk sukanya kita bisa berkoordinasi dengan siapa saja, berbagi pengalaman kita, hingga mampu menyelesaikan tigas dan bisa memberikan penghargaan kepada pimpinan kita,” ujarnya.

Biodata

Nama      : Ir H KP Tubagus Sunarseno Msi

NIP         : 19611017 198303 1 002

Jabatan  : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang OKU Timur.

Pangkat / Golongan  : Pembina Utama Muda / Ivc

Istri          : KMA Dra Hj Tasmini MM

Anak        :  Nurrahma Ayu Rizka, Nurrahmi Ayu Rizki, Nur Oktami Galih Putri