Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menjajakan sejumah hasil pertanian kepada peserta yang hadir.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD mendadak jadi sales pada acara Pasar Tani yang diselenggarakan di Taman Tani Merdeka (TTM) Martapura dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 Jumat (18/8/2017) pagi lalu. Bahkan tanpa canggung dan sangat Kholid menjajakan seluruh produk pertanian kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan pengunjung lainnya yang hadir dalam pasar tani tersebut.

Mulai dari telur asin, jambu kristal hingga beras organik OKU Timur diterangkan secara detail oleh Kholid layaknya tenaga marketing sungguhan. Hasilnya, pengunjung-pun berbondong-bondong membeli aneka produk pertanian yang dijual di Pasar Tani tersebut.

Menurut Kholid, selain tanaman pangan beras yang kini mulai beralih ke beras organik, OKU Timur juga terkenal dengan produk hortikultura yang pemasarannya hampir keseluruh wilayah Indonesia.

“Kita ada duku Komering yang tidak ada duanya dengan duku dari daerah lain. Lalu kita juga ada pepaya Kalifornia, jambu kristal, durian Komering dan masih banyak lagi,” ujar bupati.

Bahkan untuk pepaya California dan jambu kristal OKU Timur pemasarannya kata dia, sudah masuk ke mall-mall seperti Carrefour, Giant dan pasar modern lainnya. Ini membuktikan bahwa OKU Timur yang selama ini terkenal sebagai kabupaten penghasil beras terbesar juga merupakan penghasil produk pertanian, perkebunan dan peternakan.

“OKU Timur kaya sumber pertanian, perkebunan dan juga peternakan. Ini adalah aset berharga yang bila dioptimalkan menjadi ikon OKU Timur sebagai sumber yang dapat menghasilkan produk unggulan dibidang pertanian. Dengan sumber daya yang ada di OKU Timur baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), sudah saatnya OKU Timur menjadi produsen di bidang pertanian,” ucapnya yakin.

Sementara Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Ir Ruzuan Effendi MSi mengatakan, diselenggarakannya Pasar Tani sebagai salah satu cara dalam memperkenalkan produk-produk pertanian maupun hasil olahan kepada masyarakat. Pasar tani tersebut diakui Ruzuan rutin digelar diberbagai lokasi seperti halaman Pemkab OKU Timur, lapangan TTM Martapura dan lokasi keramaian lainnya.

“Di pasar tani ini apapun hasil pertanian dan peternakan serta hasil olahannya bisa dijual disini. Produk yang dijual juga sangat fresh karena langsung dari petani. Selain produk jadi juga tersedia bibit buah seperti jambu kristal yang memang sangat cocok ditanam di OKU Timur,” ucap Ruzuan.