Lokasi gempa bumi yang terjadi di wilayah OKU yang juga dirasakan warga OKU Timur. Sumber foto BMKG

KABAROKUTIMUR.COM | SUMSEL – Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu dan sekitarnya heboh membicarakan getaran gempa bumi berkekuatan 5.0 SR (Skala Richter) pada Minggu (20/8/2017) sekitar pukul 08.05 WIB.

Sejumlah warga sempat berlarian kelur rumah dan saling bertanya seputar gempa yang yang mengguncang.

”Gempa ye, aku tekaget seraso ada yang mendorong kursi yang kududuki,” kata salah seorang warga Desa Tanjungbaru seraya menjelaskan jika saat itu dia sedang berada di warnet dan kursi kerja beroda yang didudukinya terasa seperti terdorong.

Pernyataan yang sama juga di katakan Hj. Nur (65), warga Kampungbaru, Kecamatan Baturaja Timur, yang buru-buru lari keluar rumah seraya bertanya kepada tentangganya.

Umumnya warga Baturaja seperti di Tanjungbaru, Kampungbaru, Sukajadi, Sukaraya dan lainnya merasakan guncangan dari gempa yang berkekuatan 5.0 SR tersebut.

Tidak sedikit warga menggunakan media sosial untuk saling bertanya dan memberi informasi tentang kekuatan guncangan yang dirasakan d iwilayah masing-masing.

Seperti dituturkan salah seorang netizen yang berada di Desa Gunungliwat, Kecamatan Semidangaji, yang menceritakan jika gempa di desanya terasa lebih kencang dengan indikasi ada genteng rumah sebanyak 5 buah jatuh, kemudian ada beberapa pohon kelapa yang tumbang.

Kemudian seorang netizen di Martapura, Kabupaten OKU Timur juga mengaku merasakan guncangan.

Menurut sumber dari BMKG, gempa bumi yang dirasakan 20 Agustus 2017, 08:06:10 WIB, Magnitude 5.0 SR, Lokasi 10, Kedalaman 10 KM, 425 LS-10380 BT . 33 KM Barat Daya Ogan Komering Ulu-Sumsel tidak berpotensi Tsunami.

Netizen lainya menyebutkan jika guncangan gempa lebih terasa di Gunungmegang, Kabupaten Muaraenim.

Sumber: SRIWIJAYA POST