loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Bisnis jual beli hewan qurban yang saat ini ditekuni Agus Nugroho selaku pengusaha jual-beli hewan qurban Abi Aqila Farm terbilang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, dirinya mulai menekuni usaha tersebut dengan modal satu sampai dua ekor kambing yang di bawanya keliling menggunakan keruntung sepeda motor. Pria yang juga aktif sebagai pekerja sosial (TKSK) di Kecamatan Martapura ini mengaku telah merintis bisnis ini sejak awal tahun 2009.

“Saya merintis bisnis ini awal tahun 2009, saya mulai dari keruntung. Awalnya saya mengalami kesulitan namun berkat doa dan kegigihan alhamdulillah sekarang sudah lancar,” ujar Agus ketika ditemui di showroom hewan kurbannya di Dusun Jati Rejo Kelurahan Veteran Jaya, Rabu (23/8/2017).

Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari peliharaan sendiri dan pembelian dari para peternak di wilayah Lampung. Harga sapi kisaran mulai dari Rp.13.500.000,- sampai Rp.25.000.000,-. Sedangkan harga kambing mulai Rp.2.000.000,- sampai Rp.3.500.000,- per ekor. Biasanya menjelang hari raya idul adha permintaan pembeli meningkatkan kisaran 60 sampai 70 ekor, di hari biasa penjualan biasanya 40 sampai 50 ekor.

Dia mengaku, berjualan hewan qurban menggiurkan lantaran harganya terus naik. Dan juga menjadi investasi yang menjanjikan. Serta kalau pertanian terpadu insyaallah tidak ada kerugian.

“Berjualan hewan qurban merupakan investasi yang menjanjikan keuntungan yang besar. Dan kalau bertani harus berternak dan kalau berternak harus bertani agar tercipta pertanian terpadu,” tambahnya.

Agus juga berharap agar pemerintah dapat meningkatkan keamanan. Karena faktor keamanan dapat mempengaruhi tumbuhnya perternak – perternak baru supaya dapat menunjang perekonomian masyarakat.