KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Dalam upaya memberikan pengetahuan tentang kepemiluan kepada para pelajar, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten OKU Timur sengaja menggelar kegiatan Cerdas Cermat Kepemiluan terhadap siswa-siswi tingkat SMA, SMK, dan Madrasyah Aliah (MA) di OKU Timur, Rabu (23/8/2017).

Kegiatan Cerdas cermat yang digelar di depan halaman Kantor KPU OKU Timur tersebut, akan berlangsung selama dua hari (Rabu-Kamis) dengan rincian dihari pertama dimanfaatkan untuk tahap penyisihan, sedangkan dihari kedua untuk partai final. Nantinya, bagi para peserta yang berhasil mencapai kemenangan pada kegiatan tersebut akan berhak mendapatkan hadiah berupa Thropy, uang tunai dan sertifikat.

“Jumlah pelajar yang ikut serta dalam kegiatan perlombaan ini sebanyak 18 peserta. Adapun materi yang diberikan berupa pertanyaan seputar kepemiluan mulai dari proses penyelenggara, peserta pemilu, dan beragam pertanyaan seputar pemilu lainnya,” ungkap Ketua KPU OKU Timur, Leo Budi Rachmadi SE didampingi anggota Rialdi Ssos, ketika dikonfirmasi Rabu (23/8/2017).

Menurutnya, kata Leo, dengan terselenggaranya kegiatan perlombaan cerdas cermat seputar kepemiluan ini, nantinya pelajar yang merupakan salah satu pemilih pemula akan mengetahui tujuan dari pemilu itu sendiri. Selain itu, nantinya para pelajar juga diharapkan dapat mengkampanyekannya kepada masyarakat luas atau para kerabat mereka disekolah akan pentingnya menjadi pemilih dalam setiap penyelenggaraan pemilu.

“Dalam pemilu itu sendiri, partisipasi masyarakat terbilang sangatlah penting. Karenanya, merekalah yang akan menentukan bagaimana masa depan bangsa ini. Pemilih pemula yang merupakan masih berstatus pelajar ini kita latih agar mereka mengetahui bagaimana proses pilkada itu berlangsung. Ya, seperti salah satunya adalah dengan cara menggelar kegiatan perlombaan cerdas cermat seperti ini,” katanya.